Salah Pasal, Tilang Pengendara yang Bawa Sepeda ke Mobil Dianulir!

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 19:35 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Yogi Ernes/detikcom)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyatakan anggotanya salah menerapkan pasal saat menilang pengemudi yang bawa sepeda di dalam mobil. Atas kesalahan itu, tilang terhadap pengemudi pun akan dianulir.

"Kalau memang salah pasal, tilang tersebut kita anulir," kata Kombes Sambodo dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (30/9/2021).

Sambodo menambahkan, pihaknya akan memanggil pengemudi tersebut. Selanjutnya, polisi akan menyerahkan barang bukti yang diamankan saat si pengemudi ditilang.

"Kita akan panggil yang bersangkutan, barang buktinya akan kita kembalikan," ujar Sambodo.

Kombes Sambodo Minta Maaf

Sebelumnya, Kombes Sambodo telah menyampaikan permintaan maaf atas kekeliruan anggotanya saat menerapkan pasal tilang terhadap pengendara mobil tersebut.

"Atas kejadian tersebut kami mewakili Direktorat Lalu Lintas meminta maaf," katanya.

Selanjutnya, Sambodo mengatakan kejadian tersebut jadi pembelajaran anggota ke depan. Sambodo mengingatkan personel agar tidak keliru dalam menerapkan aturan tilang terhadap pengendara.

"Akan mengingatkan kembali petugas di lapangan khususnya terhadap petugas tersebut. Dan akan kita berikan sanksi sesuai kesalahannya," terang Sambodo.

Terkait membawa sepeda ke dalam mobil, Sambodo mengatakan hal itu diperbolehkan selama tidak mengganggu konsentrasi pengemudi saat berkendara.

"Boleh asal tidak mengganggu konsentrasi mengemudi," ujarnya.


Baca selengkapnya di halaman selanjutnya.

Lihat Video: Heboh Pengendara Ditilang Gegara Bawa Sepeda Dalam Mobil

[Gambas:Video 20detik]