Salah Pasal, Tilang Pengendara yang Bawa Sepeda ke Mobil Dianulir!

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 30 Sep 2021 19:35 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Yogi Ernes/detikcom)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Yogi Ernes/detikcom)

Peristiwa polisi menilang pengemudi yang membawa sepeda ke dalam kendaraannya itu viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi di Jl Perimeter, kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.

Singkatnya, dalam video si pengemudi menanyakan kesalahannya sehingga ditilang polisi. Polisi tersebut kemudian menjelaskan bahwa seharusnya sepeda tidak dibawa ke dalam mobil dengan alasan melanggar Pasal 307 Undang-Undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009.

Terkait hal itu, Sambodo menyatakan bahwa petugas salah dalam menerapkan pasal ke pengemudi. Sebab, Pasal 307 UU LLAJ mengatur dimensi angkutan pada kendaraan bermotor angkutan umum, bukan mobil pribadi.

"Dapat kami sampaikan bahwa anggota tersebut 'salah' dalam menerapkan pasal 307 menjelaskan tentang kendaraan bermotor angkutan umum barang, yang membawa barang melebihi dimensi angkutan dan dapat membahayakan keselamatan," kata Sambodo.

Seharusnya, menurut Sambodo, anggota tersebut menerapkan Pasal 283 UU LLAJ. Itu pun bisa diterapkan, apabila barang yang diangkut ke dalam mobil penumpang itu dapat mengganggu konsentrasi si pengemudi.

"Sedangkan apabila akan menindak kendaraan berpelat hitam seharusnya menggunakan pasal 283: "Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dipengaruhi suatu keadaan dapat mengganggu konsentrasi berkendara" (apabila barang yang ada di dalam kendaraan cukup besar sehingga mengganggu pandangan dan berpotensi membahayakan)," papar Sambodo.


(mea/fjp)