Sidang Hoax Babi Ngepet

Saksi Mengaku Diminta Adam Ibrahim Beli Buah di Puncak tapi yang Datang Babi

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 28 Sep 2021 17:44 WIB
Sidang pemeriksaan saksi terdakwa Adam Ibrahim terkait kasus hoax babi ngepet
Sidang pemeriksaan saksi kasus hoax babi ngepet (Yulida/detikcom)
Jakarta -

Jaksa menghadirkan kurir terdakwa Adam Ibrahim, Eka Rizky, sebagai saksi dalam kasus penyebaran hoax babi ngepet di Depok. Eka Rizky mengaku diperintah oleh Adam Ibrahim untuk membeli buah di kawasan Cipanas, Puncak, Bogor, tetapi ternyata barang yang datang adalah babi.

Awalnya Eka Rizky mengaku diminta Adam mengantarkan kandang dua hari sebelum kejadian, kemudian Eka Rizky juga diminta membeli buah ke kawasan Puncak pada Senin, 26 April 2021. Lalu Eka Rizky bersedia dengan syarat berdua dengan temannya.

Akhirnya Adam memberi uang kepada Eka Rizky sebesar Rp 500 ribu untuk membeli buah--yang belakangan diketahui babi--sementara Rp 200 ribu untuk ongkos kirimnya. Eka Rizky diminta menemui penjual buah itu dan bertemu di dekat minimarket di kawasan Cipanas, Puncak, dengan berpatokan pada lokasi dari Google Maps.

Eka Rizky berangkat bersama temannya ke kawasan Cipanas, Puncak, Bogor, kemudian saat bertemu penjual tersebut, penjual tersebut menunjukkan barang pesanannya ada di dalam karung yang disembunyikan di pojokan dekat minimarket tersebut. Lalu, setelah dicek, karung tersebut berwarna putih. Saat digeser, barang tersebut bergerak, akhirnya pihak penjual mengatakan pesanan terdakwa Adam adalah babi, bukan buah.

"Perintahnya ya awalnya suruh beli buah doang," kata Eka Rizky dalam sidang di PN Depok, Depok, Selasa (28/9/2021).

Eka Rizky sempat dicecar hakim terkait proses pembelian babi tersebut. Sebab, hakim heran mengapa Eka Rizky tidak mempertanyakan tentang buah pesanannya, tetapi akhirnya berubah menjadi babi.

Saat ditanyai hakim, Eka Rizky mengaku telah menelepon terdakwa Adam Ibrahim untuk mengkonfirmasi pesananannya. Saat ditelepon itulah Adam memerintahkan Eka Rizky untuk membawa saja babi tersebut karena ada yang ingin membeli.

"Dia (penjualnya) bilang 'Ini babi, iya ini pesanan dari bosnya'. Ternyata pas dia pindahin ke depan saya, ternyata bergerak terus, langsung ditaruh di atas motor saya," kata Eka Rizky.

"Saya udah tanyakan terus dia bilang (terdakwa), 'Sudah, bawa saja, ada yang mau beli'," katanya.

Lihat juga video 'Penyebar Hoax Babi Ngepet Tak Ajukan Eksepsi, Sidang Lanjut Pekan Depan':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya di halaman berikutnya.