Aksi Damkar Selamatkan Bayi Kucing Terjebak di Pipa Rumah

Andi Saputra - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 15:37 WIB
Jakarta -

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi akhirnya berhasil menyelamatkan seekor bayi kucing yang terjebak di pipa rumah warga selama 2 hari. Kucing ditemukan dalam keadaan hidup di pipa rumah warga di Villa Andalusia 2, Jatiasih, Kota Bekasi.

"Dua hari lalu saya dengar suara kucing. Saya cari-cari dari mana suaranya tidak diketahui di mana," kata pemilik rumah, Amar, saat berbincang dengan detikcom di lokasi, Minggu (26/9/2021).

Awalnya, Amar mencari sumber suara kucing yang terdengar di atap rumah. Namun, setelah dicek, tidak kunjung ditemukan. Amar pun kemudian mencari sumber suara di pipa pembuangan air dan ternyata kucing tersebut ada di tempat itu.

"Saya coba lihat pakai senter ke dalam got. Suaranya makin jelas," tutur Amar.

Sejurus kemudian, Amar mencoba mengeluarkan kucing kampung itu dengan alat seadanya. Tidak berhasil, Amar mengguyur pipa paralon dengan air dan juga minyak. Namun si kucing tidak kunjung keluar ujung pipa.

"Hari ini saya telepon petugas Damkar untuk menyelamatkan si kucing," ujar Amar.

Dalam hitungan menit, petugas Damkar Kota Bekasi sampai di lokasi sekitar pukul 11.30 WIB. Secepat kilat petugas mengeluarkan berbagai cara agar bayi kucing bisa selamat. Lokasi pipa air yang berkelok-kelok kecil membuat berbagai cara tidak membuahkan hasil. Petugas hanya bisa mengetahui titik bayi kucing itu berada.

"Lubang pipa kecil, posisi ada di bawah (tanah) dan leter L. Makanya mau nggak mau harus dibongkar. Tanpa dibongkar juga nggak akan bisa," kata komandan regu Damkar, Paino.

Kurang-lebih 1 jam melakukan observasi dan penyelamatan, tim Damkar membobol keramik teras hingga fondasi rumah. Setelah terantuk pipa, petugas memotong pelan-pelan pipa agar tidak terkena bayi kucing malang itu.

Akhirnya bayi kucing yang masih berusia hitungan hari itu ditemukan dengan selamat meski dalam kondisi menggigil, basah kuyup, dan muka pucat. Petugas Damkar memandikan kucing itu dengan air hangat dan menyelimutinya dengan handuk.

"Alhamdulillah sudah bisa teratasi," kata Paino.

Istri Amar pun langsung menghangatkan bayi kucing dengan pengering dan memberikan vitamin. Sang bayi kucing juga diberi asupan susu.

"Ini untuk pembelajaran. Pipa paralon di atas harus diberi tutup atau kawat biar kucing tidak masuk lagi," katanya.

Paino menyampaikan kepada masyarakat bahwa Damkar tidak hanya bertugas memadamkan kebakaran. Tetapi juga bisa mengevakuasi manusia, termasuk menyelamatkan binatang atau hewan peliharaan yang terjebak.

"Kita memang tidak hanya menangani kebakaran, kita juga menangani evakuasi termasuk binatang. Kucing, ular terus kemarin ada juga monyet liar. Hari ini juga ada panggilan terkait biawak. Biawak sudah beberapa kali," tutur Paino.

(whn/dhn)