Hari Maritim Nasional 2021: Tema dan Latar Belakang Sejarahnya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 16:44 WIB
Hari Maritim Nasional 2021: Tema dan Latar Belakang Sejarahnya
Hari Maritim Nasional 2021: Tema dan Latar Belakang Sejarahnya (Foto: Instagram @kemenkomarves)
Jakarta -

Hari Maritim Nasional diperingati setiap tanggal 23 September. Pada 2021, peringatan ini masuk tahun ke-57 sejak pertama kali diputuskan oleh Presiden pertama RI, Ir Soekarno.

Seperti diketahui bersama, Indonesia dikenal sebagai negara maritim. Hal ini lantaran negara ini memiliki banyak pulau dan memiliki kawasan teritorial laut yang luas.

Lalu bagaimana sejarah dan perayaan Hari Maritim Nasional 2021? detikcom merangkum informasi berikut ini.

Sejarah Hari Maritim Nasional

Melansir dari situs resmi Instagram Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Hari Maritim Nasional ditetapkan sejak 1964. Penetapan itu diputuskan oleh Presiden Soekarno di Tugu Tani pada 23 September 1963, setelah Musyawarah Nasional (Munas) Maritim I tahun 1963.

Pada 1964 atau setelah Munas Maritim 1, Soekarno mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 249/1964 bahwa setiap tanggal 23 September diperingati sebagai Hari Maritim Nasional.

Di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla pada 2014, keinginan untuk terus memajukan maritim Indonesia diwujudkan. Di tahun ini, dibentuk Kemenko Bidang Kemaritiman yang kini berganti nama menjadi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi untuk mewujudkan visi Indonesia menjadi poros maritim dunia.

"Dengan merayakan Hari Maritim Nasional menandakan kita turut merayakan semangat dan visi Indonesia untuk menjadi Poros Maritim Dunia. Kekuatan kemaritiman Indonesia juga telah diakui oleh seluruh Presiden Indonesia. Maka dari itu kita sebagai bangsanya juga harus memiliki semangat yang sama," demikian keterangan dalam Instagram resmi Kemenkomarves.

Tema dan Peringatan Hari Maritim Nasional 2021

Di peringatan Hari Maritim Nasional ke-57, Kemenko Marves mengangkat tema 'Maritim Kuat, Indonesia Hebat'. Tahun ini agenda Hari Maritim Nasional ditandai dengan dimulainya Pekan Literasi Maritim 2021, yang diharapkan dapat menguatkan literasi generasi muda terkait pengetahuan kemaritiman Indonesia.

Di hari pertama Pekan Literasi Maritim pada Kamis (16/9) lalu, peringatan Hari Maritim Nasional diawali dengan kegiatan public lecture bersama Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Sesmenko Marves) Agung Kuswandono dan Direktur Utama (Dirut) PT Balai Pustaka Achmad Fahrodji.

Dalam public lecture ini, kedua narasumber kembali mengingatkan pentingnya literasi secara umum dan literasi kemaritiman secara khusus karena Indonesia memiliki sejarah kemaritiman yang kuat.

"Indonesia ini memiliki potensi kemaritiman yang besar, Allah SWT telah mengaruniakannya kepada kita. Walau begitu, kita belum sadar atas karunia ini. Untuk itu, kesadaran akan potensi maritim yang besar perlu diperkuat lagi melalui literasi kemaritiman, supaya kita mampu memanfaatkan potensi alam kita lebih baik lagi," ujar Sesmenko Agung.

Soal perayaan Hari Maritim Nasional dapat dilihat di halaman berikutnya.