Hari Perdamaian Internasional 2021: Tema dan Pesan Penting Tahun Ini

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 09:54 WIB
Hari Perdamaian Internasional 2021: Tema dan Pesan Penting Tahun Ini
Hari Perdamaian Internasional 2021: Tema dan Pesan Penting Tahun Ini (Dok. Situs United Nations)
Jakarta -

Hari Perdamaian Internasional 2021 atau International Day of Peace diperingati pada 21 September 2021. Ada tema khusus hingga pesan penting dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Hari Perdamaian Internasional 2021.

Hari Perdamaian Internasional pertama kali dicetuskan pada 1998 oleh Majelis Umum PBB. Setelahnya, pada 21 September setiap tahun, dunia memperingati Hari Perdamaian Internasional. Ada pesan penting di Hari Perdamaian Internasional tahun ini

Dikutip dari situs PBB, Majelis Umum PBB mengungkapkan bahwa Hari Perdamaian Internasional ini adalah hari yang didedikasikan untuk memperkuat cita-cita perdamaian dunia. Salah satu perwujudannya adalah dengan 24 jam penuh tanpa kekerasan serta melakukan gencatan senjata.

Tahun ini, Hari Perdamaian Internasional 2021 diperingati sejalan dengan dunia yang sedikit demi sedikit mulai 'pulih' dari COVID-19. PBB terinspirasi untuk berpikir lebih kreatif dan kolektif untuk membantu semua orang cepat 'pulih', membangun ketahanan, serta membentuk dunia menjadi lebih adil dan sehat.

Hari Perdamaian Internasional 2021: Tradisi Tiap Tahun

Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya untuk membunyikan Lonceng Perdamaian saat memperingati Hari Perdamaian Internasional. Lonceng Perdamaian ini hanya dibunyikan 2 kali dalam setahun. Dua momen itu adalah pada saat hari musim semi pertama dan saat memperingati Hari Perdamaian Internasional. Dilihat dari akun Instagram resmi Sekretaris Jenderal PBB António Guterres, dia membunyikan Lonceng Perdamaian yang ada di markas besar PBB di kota New York.


Hari Perdamaian Internasional 2021: Tema Tahun ini

Hari Perdamaian Internasional 2021 mengangkat tema 'Recovering better for an equitable and sustainable world'. Dikutip dari situs PBB, PBB mengajak seluruh masyarakat dunia di Hari Perdamaian Internasional 2021 untuk bergabung dalam upaya pemulihan dunia, membentuk dunia yang lebih adil dan damai dengan melawan segala tindakan kebencian online maupun offline dan dengan menyebar kasih sayang, kebaikan serta harapan dalam memerangi COVID-19.

COVID-19 dinilai paling keras memukul masyarakat kurang mampu. PBB mencatat, hingga bulan April 2021, sudah lebih dari 687 juta dosis vaksin telah disuntikkan secara global. Namun sayangnya lebih dari 100 negara bahkan belum menerima vaksin dosis pertama. Hal ini terlihat kurangnya akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan konflik.

Simak pesan PBB di Hari Perdamaian Internasional 2021 di halaman berikutnya.

Saksikan video 'Pidato BTS di PBB Berikan Secercah Harapan untuk Anak Muda':

[Gambas:Video 20detik]