ADVERTISEMENT

Haornas 2021: Awal Mula dan Sejarah Hari Olahraga Nasional

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Kamis, 09 Sep 2021 10:32 WIB
Haornas 2021: Awal Mula dan Sejarah Hari Olahraga Nasional
Haornas 2021: Awal Mula dan Sejarah Hari Olahraga Nasional -- logo Haornas 2021 (Foto: Kemenpora)
Jakarta -

Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September. Setiap tahunnya, Haornas dirayakan dengan tema-tema berbeda guna meningkatkan rasa sportivitas masyarakat di Indonesia.

Lalu bagaimana sebenarnya awal mula dan sejarah Hari Olahraga Nasional? detikcom merangkumkan informasinya berikut ini.

Haornas 2021: Awal Mula dan Sejarah Hari Olahraga NasionalLogo Hari Olahraga Nasional 2021 (Foto: Kemenpora)

Awal Mula Dicetuskan Hari Olahraga Nasional

Mengutip dari laman resmi Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara, peringatan Haornas bermula dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I. PON I berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah pada 9 - 12 September 1948.

Penyelenggaraan PON I diinisiasi oleh pemerintah usai pada 1948, para atlet Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi dunia Olimpiade XIV/1948 di kota London, Inggris. Kala itu, kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia masih belum diakui penuh oleh masyarakat dunia serta paspor Indonesia masih tidak diakui oleh Pemerintah Inggris.

Jika para atlet Indonesia ingin mengikuti kompetisi, mereka hanya bisa diterima jika menggunakan paspor Belanda. Lantaran hal tersebut, para atlet Tanah Air menolak dan bersikeras hanya akan hadir di Olimpiade jika mewakili Indonesia.

Lantaran ditolak, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi serupa di dalam negeri yang kemudian dikenal sebagai Pekan Olahraga Nasional. Penyelenggaraan PON sebagai bukti di hadapan dunia internasional bahwa Indonesia yang baru merdeka mampu menyelenggarakan kegiatan olahraga skala nasional.

Penyelenggaraan PON I yang menjadi cikal bakal Hari Olahraga Nasional mendapatkan atensi luar biasa dari para atlet tanah air. Saat itu ada 600 atlet yang mengikuti PON dengan bertanding pada 9 cabang olahraga untuk merebutkan 108 mendali.

Ajang olahraga perdana pasca kemerdekaan Indonesia tersebut dibuka pada 9 September 1948. Tanggal tersebut yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional setiap tahunnya.

Sampai saat ini, PON sudah berlangsung sebanyak 19 kali. Namun, saat peristiwa G30S PKI pada 1965 ajang olahraga ini gagal dilaksanakan.

Ulasan lanjutan Hari Olahraga Nasional dapat dibaca di halaman berikutnya. Yuk disimak dalam rangka Haornas 2021!

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT