Logo Hari Santri 2021: Desain hingga Filosofinya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 13:23 WIB
Logo Hari Santri Nasional 2021: Desain-Filosofi
Logo Hari Santri 2021: Desain-Filosofi (Foto: Kemenag)
Jakarta -

Logo Hari Santri 2021 telah dirilis langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Selain logo, Kementerian Agama juga merilis tema untuk peringatan yang jatuh pada 22 Oktober 2021 mendatang.

Dirilisnya tema dan logo Hari Santri 2021 dilaksanakan Selasa (21/9) lalu di Kantor Kementerian Agama Jakarta. Agenda ini juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, perwakilan Kementerian/Lembaga, serta perwakilan ormas-ormas Islam.

"Terus terang saat membuat tema ini, saya tungguin langsung, Pak Menko. Diskusinya pun sampai tengah malam. Ternyata alhamdulillah, tema dan logo untuk Hari Santri ini filosofinya bagus sekali," tutur Menag, dilansir dari situs resmi Kemenag, Rabu (22/9/2021).

Lalu bagaimana tampilan dan makna dari logo Hari Santri 2021? detikcom merangkum informasinya berikut ini.

Desain Logo Hari Santri 2021

Tahun ini, desain logo Hari Santri 2021 dibuat dengan warna-warni beragam. Menurut Menag, warna-warni pada logo tersebut merupakan gambaran dari luapan semangat dan kolaborasi santri untuk mengabdi kepada negeri dan ilahi Rabbi.

Adapun logonya dapat dilihat di bawah ini:

Logo Hari Santri NasionalLogo Hari Santri Nasional Foto: Kemenag


Dari logo tersebut, ada dua huruf hijaiyyah yang mewakili, yaitu huruf hijaiyyah 'dza' yang bermakna cerdas dalam nadhom Alala bait ke dua, serta huruf hijaiyyah 'ja'yang diambil dari lafadz peribahasa 'man jadda wa jada'

"Dan kalau kita perhatikan tiap bagian logo ini, menggambarkan berbagai aktivitas yang seringkali dilakukan kaum santri, dan filosofinya sangat dalam juga," ungkap Menag.

Filosofi Logo Hari Santri 2021

Terdapat 5 filosofi berbeda dari logo Hari Santri 2021 yang mencerminkan sejumlah kegiatan santri. Filosofi antara lain:

  1. Logo menggambarkan posisi salat. Logo ini menggambarkan para kaum santri senantiasa berserah diri kepada Tuhan sebagai puncak dari kekuatan jiwa dan raga.
  2. Logo menggambarkan posisi sujud. Sujud diartikan sebagai bentuk ikhtiar dan ketulusan agar pandemi cepat berlalu.
  3. Logo menggambarkan dua orang saling menangkupkan tangan. Filosofinya adalah menunjukkan kebersamaan yang memiliki makna bahwa santri selalu berkolaborasi, bersama dalam suka maupun duka.
  4. Logo menggambarkan simbol semangat. Filosofinya menandakan keyakinan kaum santri bahwa dengan semangat dan kerja keras, segala sesuatu akan tercapai.
  5. Logo menggambarkan simbol berbagi. Filosofinya menunjukkan para santri berbagi untuk sesama dan berbagi untuk Indonesia.

Lihat juga video 'Jelang PTM, Ribuan Santri di Makassar Jalani Vaksinasi Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



Selain logo Hari Santri 2021, Menag juga merilis tema baru untuk tahun ini. Simak penjelasannya di halaman berikutnya.