Diduga Pasok Senpi ke KKB Papua, Oknum ASN Yahukimo Ditangkap

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 21:23 WIB
Barang bukti yang diamankan dari oknum ASN di Yahukimo diduga pasok senjata ke KKB
Barang bukti yang diamankan dari oknum ASN di Yahukimo diduga pasok senjata ke KKB (Foto: Dok. Satgas Nemangkawi)
Jakarta -

Satgas Nemangkawi menangkap seorang oknum aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Yahukimo berinisial ES. Polisi mengungkapkan oknum ASN itu diduga memberi pasokan senjata ke anggota teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua.

"Diamankan bersama dengan sopir truk yang merupakan oknum ASN Pemkab Yahukimo inisial ES ke Mako Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan," ujar Waka Ops II Nemangkawi Papua, Kombes Muhammad Firman melalui keterangan tertulis, Rabu (22/9/2021).

Penangkapan oknum ASN pemasok senjata KKB ini bermula dari sebuah penggerebekan rumah di kompleks ambruk di Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua. Di rumah tersebut, Satgas Nemangkawi menemukan sejumlah barang bukti berupa amunisi hingga senjata tajam (sajam) yang diduga akan dipasok ke KKB.

"Berhasil menggerebek salah satu rumah di jalur 1 bawah kompleks ambruk Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo dan berhasil mengamankan sejumlah barang bukti amunisi dan magasin, serta senjata tajam lainnya dan atribut KNPB yang diduga akan disuplai oleh pelaku ke KKB wilayah Yahukimo," tutur Firman.

Firman menjelaskan penggerebekan dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat. Mereka mencurigai sebuah truk dinas berpelat merah milik Pemda Yahukimo.

Di dalam truk itu, Firman menyampaikan ada sejumlah orang. Selain itu, ada barang bukti berupa senjata hingga amunisi.

"Berawal dari laporan masyarakat bahwa ada sebuah truk dinas berpelat merah milik Pemda Yahukimo yang dicurigai oleh masyarakat membawa muatan sekelompok orang dan sejumlah barang bukti," terangnya.