detikcom Do Your Magic

Bangunan Pasar Kambing Pascakebakaran Adalah Tempat Penampungan Sementara

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 16:52 WIB
Pasar Lontar atau Pasar Kambing di Tanah Abang terbakar beberapa bulan silam. Kini pembangunan kembali pasar tersebut hampir rampung, termasuk bagian dalam tempat pedagang berjualan.
Pasar Kambing atau Pasar Lontar di Tanah Abang, ini adalah tempat penampungan sementara yang baru dibangun. (Rengga Sencaya/detikcom)
Jakarta -

Di lokasi kebakaran Pasar Kambing atau Pasar Lontar di Tanah Abang pada April lalu, kini dibangun tempat baru bagi pedagang yang kehilangan lapaknya. Bangunan itu bukanlah bangunan utama, melainkan bersifat sementara.

"Itu adalah tempat penampungan sementara," kata Manajer Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya, Gatra Vaganza, kepada detikcom, Selasa (21/9/2021).

Pasar Kambing atau Pasar Lontar ada di Jl Sabeni, Kelurahan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Tempat pedagang yang tengah dibangun itu sudah berdiri dan terlihat hampir selesai. Meski demikian, pembangunan belumlah rampung.

"Belum 100% selesai," kata Gatra.

Pasar Kambing atau Pasar Lontar Tanah Abang, Jakpus. Pembangunan belum kelar juga. 17 September 2021. (Faiz Iqbal Maulid/detikcom)Pasar Kambing atau Pasar Lontar Tanah Abang, Jakpus. Pembangunan belum kelar juga. 17 September 2021. (Faiz Iqbal Maulid/detikcom)

Bila bangunan yang baru dikerjakan itu adalah tempat sementara, lantas di mana tempat utama dan permanen akan dibangun?

"Saat ini kami sedang fokus penyelesaian tempat sementara tersebut terlebih dahulu," kata Gatra.

Para pedagang meminta PD Pasar Jaya selaku pengelola pasar ini segera memindahkan mereka ke bangunan baru ini. Pedagang mengaku kesulitan berjualan di pinggir jalan ketika hujan datang. Tak nyaman dan becek menjadi pengganggu, apalagi saat dirinya berinteraksi dengan pembeli.

"Saya sih penginnya ya sudah, dipindahin saja. Toh (pasar) sudah jadi, kan. Belum tahu sih kapan dipindahnya, belum ada info. Katanya nunggu apa dulu. Mungkin urus administrasi," kata pedagang bumbu di lokasi, Alam (25), kepada detikcom, Selasa (7/9) lalu.

Pasar Lontar atau Pasar Kambing di Tanah Abang terbakar beberapa bulan silam. Kini pembangunan kembali pasar tersebut hampir rampung, termasuk bagian dalam tempat pedagang berjualan.Pasar Lontar atau Pasar Kambing di Tanah Abang terbakar beberapa bulan silam. Kini pembangunan kembali pasar tersebut hampir rampung, termasuk bagian dalam tempat pedagang berjualan. (Rengga Sencaya/detikcom)

Senada dengan Alam, Rohmah (40) mendesak agar pembangunan pasar yang baru bisa segera selesai sepenuhnya, sehingga dia dan rekannya sesama pedagang tidak perlu berjualan di pinggir jalan.

Pasar Kambing di Tanah Abang diketahui terbakar pada 8 April 2021 pukul 19.30 WIB. Akibat peristiwa tersebut, 174 lapak dan kios hangus terbakar. Para pedagang terpaksa berjualan di pinggir Jl Sabeni Raya sampai pembangunan pasar selesai.

(dnu/dnu)