detikcom Do Your Magic

Tak Nyaman Berjualan di Jalan, Pembangunan Pasar Kambing Diminta Dikebut

Athika Rahma - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 11:38 WIB
Kondisi pembangunan Pasar Kambing Tanah Abang, Selasa (10/11/2021),
Proses pembangunan Pasar Kambing, Tanah Abang masih dibangun. Pedagang untuk sementara berjualan di jalan (Athika Rahma/detikcom).
Jakarta -

Pasar Lontar atau Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang sempat terbakar beberapa bulan lalu kini tengah mengalami perbaikan. Pedagang berharap proses pembangunan yang dimulai sejak Mei lalu segera selesai.

Pantauan detikcom, Selasa (10/8/2021), pukul 09.30 WIB di lokasi, bangunan terbakar yang direnovasi tersebut masih berlapiskan semen. Sebagian bangunan ada yang sudah diberi atap, sisanya masih dipasang kerangka saja. Terlihat pula tumpukan semen dan bahan bangunan lainnya di sana.

Sementara suasana Pasar Kambing juga tidak terlalu ramai pagi ini. Para pedagang yang dulunya berjualan di kios yang terbakar pindah lapak ke tepi jalan untuk sementara.

Lapak sepanjang Jl Sabeni Raya itu dibuat seadanya. Dagangan dijajakan di atas meja, bahkan ada yang disimpan masih di atas gerobak. Sementara untuk atap lapak, mereka menggunakan terpal.

Mereka tampak melakukan interaksi dengan para pembeli. Sesekali, mereka merapikan barang dagangannya yang tercecer.

"Kita sudah pindah sejak 4 bulan lalu, lah, sebelum puasa. Yang di pinggir sini rata-rata yang kiosnya kebakaran kemarin," kata Alam (25), salah satu pedagang bumbu di lokasi kepada detikcom.

Alam bilang, dirinya belum mendapat kepastian soal kapan bangunan Pasar Kambing yang terbakar bisa selesai diperbaiki. Dia hanya bisa pasrah berjualan di tempatnya sekarang.

Kondisi pembangunan Pasar Kambing Tanah Abang, Selasa (10/11/2021),Pasar Kambing masih diperbaiki. Pedagang berjualan di pinggir jalan, Selasa (10/11/2021). (Athika Rahma/detikcom)

"Ada hikmahnya juga, jadi dekat jalan pembeli gampang datang. Tapi ya tempatnya nggak nyaman, becek kalau ujan," katanya.

Senada dengan Alam, pedagang sayur mayur bernama Rohim (60), meminta pembangunan pasar bisa segera dirampungkan.

"Ya pasti lah (ingin perbaikan bangunan cepat rampung), biar enak juga nggak sempit jalannya," katanya.

Seperti diketahui, pada Kamis (8/4), api membakar kawasan Pasar Kambing. Sebanyak 136 lapak dan 40 kios terbakar.

Kondisi pembangunan Pasar Kambing Tanah Abang, Selasa (10/11/2021),Kondisi pembangunan Pasar Kambing Tanah Abang, Selasa (10/11/2021). (Athika Rahma/detikcom)
(aik/aik)