Pembangunan Pasar Kambing Hampir Rampung, Pedagang Minta Segera Dipindah

Athika Rahma - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 12:50 WIB
Pedagang yang dulu berjualan di area Pasar Kambing, kini berjualan di pinggir jalan.
Pedagang yang dulu berjualan di area Pasar Kambing, kini berjualan di pinggir jalan. (Athika Rahma/detikcom)
Jakarta -

Bangunan baru Pasar Lontar atau Pasar Kambing di Tanah Abang akan segera rampung. Para pedagang meminta PD Pasar Jaya selaku pengelola pasar ini segera memindahkan mereka ke bangunan baru ini.

"Saya sih penginnya ya sudah, dipindahin saja. Toh (pasar) sudah jadi, kan. Belum tahu sih kapan dipindahnya, belum ada info. Katanya nunggu apa dulu. Mungkin urus administrasi," kata pedagang bumbu di lokasi, Alam (25), kepada detikcom, Selasa (7/9/2021).

Alam mengaku kesulitan berjualan di pinggir jalan ketika hujan datang. Tak nyaman dan becek menjadi pengganggu apalagi saat dirinya berinteraksi dengan pembeli.

"Kalau hujan, becek. Meskipun ada hikmahnya jadi gampang disamperin pembeli, tapi kita sih penginnya pindah ke tempat baru," katanya.

Senada dengan Alam, Rohmah (40) mendesak agar pembangunan pasar yang baru bisa segera selesai sepenuhnya, sehingga dirinya dan rekannya sesama pedagang tidak perlu berjualan di pinggir jalan.

Kondisi pembangunan Pasar Kambing Tanah Abang, Selasa (7/9/2021). Proyek pembangunan hampir rampung, kios-kios telah selesai dibangun tinggal pembersihan akhir.Kondisi pembangunan Pasar Kambing, Tanah Abang, Selasa (7/9/2021). Proyek pembangunan hampir rampung. Kios-kios telah selesai dibangun, tinggal pembersihan akhir. (Athika Rahma/detikcom)

"Kan ganggu jalan juga kalau di sini terus. Kalau ramai jadi macet, ya, kita penginnya buruan pindah," kata Rohmah.

Rohmah, yang sehari-hari berjualan sayur, mengaku pendapatannya terpengaruh karena adanya insiden kebakaran beberapa bulan lalu.

"Ya habis (terbakar), kena. Tabungan jadi kurang buat nutupin yang kebakar ini. Sekarang hasil jualan buat nyicil tabungan lagi," katanya.

Pedagang lainnya, Ikhsan (44), mengaku senang pembangunan pasar yang baru ini akan segera rampung. Dia ingin segera menempati bangunan Pasar Kambing yang baru, agar berjualan dengan nyaman dan pendapatannya kembali stabil.

"Soalnya, saya pindah tempat dari yang awal sebelum kebakaran, sekarang jarang yang datang pembeli, mungkin karena nggak tahu saya di mana. Saya harap cepat dipindahin-lah. Saya lihat juga sudah jadi bangunannya," kata Ikhsan.

Sebelumnya, PD Pasar Jaya menyebutkan renovasi Pasar Kambing yang terbakar dilakukan setelah Lebaran tahun ini. Pada Mei lalu, pembangunan baru dimulai dan berlanjut hingga saat ini.

(aik/aik)