Akhir Pekan, Warga Antusias Olahraga di Ancol dan Rekreasi ke Dufan

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 11:38 WIB
Pintu Gerbang Ancol
Foto: Ancol
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai membuka tempat wisata dengan protokol kesehatan (prokes) ketat, salah satunya Dufan, Ancol. Sejumlah kendaraan mulai berdatangan ke area Taman Impian Jaya Ancol.

Di pintu masuk barat dan pintu masuk timur masih belum terlihat antrean kendaraan. Hanya terlihat beberapa kendaraan hendak masuk ke area Taman Impian Jaya Ancol.

Kemudian di sepanjang arena Taman Impian Jaya Ancol terlihat beberapa pengunjung berolahraga. Dari jogging santai hingga bersepeda.

Pantauan, Minggu (19/9/2021) para pengunjung sudah mulai masuk ke area Dufan. Pengunjung diarahkan terlebih dahulu chek-in melalui aplikasi PeduliLindungi.

Untuk masuk ke Dufan, pengunjung harus memesan tiket secara online. Setiba di Dufan, para pengunjung tinggal menunjukkan tiket yang dipesan untuk diperiksa petugas.

Petugas sudah berjaga di depan pintu masuk Dufan. Mereka memastikan pengunjung sudah melakukan reservasi tiket secara online.

Hari ini mayoritas pengunjung merupakan keluarga dan sekumpulan remaja. Mereka terlihat menerapkan prokes dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Kak mohon maaf tiketnya ditunjukkan terlebih dahulu ya," ujar salah satu petugas.

Prokes Ketat Masuk Dufan

Sejumlah protokol kesehatan diterapkan untuk masuk Dufan. Seluruh pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan.

"Dari gerbang kita masuk itu ketat banget ya, bener-bener ngga boleh deket dan harus sesuai dengan ketentuan jarak yang udah dikasih petugas. Terus petugas juga udah bolak balik ngeliatin. Jadi bener-bener ketat banget sih dari depan gerbang," ujar salah satu pengunjung Atika (28) saat ditemui di lokasi.

Atika menyebut penerapan prokes di Dufan berjalan baik. Dia mengaku baru pertama kali kembali berkunjung ke Dufan sejak 2020.

"Jadi ini tuh salah satu cara buat kita refreshing lah sesekali gitu dan kita juga udah pastiin juga kita udah divaksin, udah ini udah itu. Jadi ya udah, udah boleh juga dari pemerintah, jadi ya udah yuk kita coba yuk tapi tetep jaga prokes," ungkapnya.

Kemudian, pengunjung lainnya, Dian (25), mengatakan memilih Dufan dikarenakan rindu rekreasi di Dufan. Dia juga merasa aman berwisata di Dufan lantaran penerapan protokol kesehatan ketat.

"Sudah lumayan bagus ya, sudah lumayan ketat juga. Tadi kita di depan pintu masuk harus download dulu PeduliLindungi, itu udah bagus banget sih," kata Dian.

Pengunjung lainnya, Puji (20) berharap jika Dufan cepat beroperasi dengan normal seperti sedia kala.

"Banyak sih harapannya kayak mungkin ini nggak semua wahana buka. Harapannya ya biar semua wahana cepet buka biar yang baru pertama kali ke sini dan nggak bisa ke sini lagi tuh bisa nyobain semuanya," ungkapnya.

Pengunjung juga diharuskan memesan tiket melalui online di situs resmi Ancol. Ancol kini hanya membuka Dufan, kawasan Taman Impian Jaya Ancol, dan Ocean Dream Samudra, yang buka pada pukul 10.00-17.00 WIB. Kemudian, para pengunjung juga belum diperbolehkan berenang di kawasan pantai.

Sebagai informasi, penerapan ganjil-genap di tempat wisata berlaku di dua tempat, yaitu TMII dan Ancol. Ganjil-genap tersebut berlaku setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu pada pukul 12.00-18.00 WIB.

Mengikuti aturan tersebut, kendaraan dengan pelat ganjil hanya bisa melintas saat tanggal ganjil. Begitu juga kendaraan pelat genap, hanya bisa melintas di tanggal genap.

Simak video 'Catat! Siapkan Hal Ini Sebelum Berkunjung ke Dufan':

[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)