Banyak Warga Datangi Dufan, Manajemen Pantau Penerapan Prokes

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 18:05 WIB
Manager Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari
Foto: Manager Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari (Azhar-detik)
Jakarta -

Masyarakat antusias untuk menghabiskan waktu di Dufan, Ancol. Manager Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari, mengatakan hari ini pengunjung Dufan meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa.

"Jika dibandingkan hari biasa, tentunya bisa dua kali lipat ya dari hari biasa, tapi masih di bawah kapasitas 25 persen," ujar Rika Lestari saat ditemui di lokasi, Sabtu (18/9/2021).

Rika mengatakan Ancol menerapkan ganjil genap (gage) di kawasan Ancol. Selain itu, anak di bawah umur 12 tahun juga tidak diperbolehkan masuk. Jumlah pengunjung saat ini 10 persen dari batas kapasitas 25 persen.

"Nah hari ini weekend pertama, namun demikian saat weekend pertama ini diterapkan juga ganjil genap, selain juga ada pembatasan anak-anak usia di bawah 12 tahun tidak diizinkan," ujar Rika.

"Saat ini ganjil genap dan kami prinsipnya mendukung upaya-upaya tersebut, namun demikian memang pengunjung kami tentunya tidak semeriah yang biasanya ya, saat ini pun masih sekitar di bawah 10 persen," tambahnya.

Selanjutnya, Rika mengatakan Dufan merupakan salah satu destinasi wahana yang paling banyak diminati oleh pengunjung. Pihaknya pun terus melakukan prokes yang ketat guna menghindari adanya kerumunan.

"Jadi kalau untuk Dufan antusiasme nya cukup baik, jadi dibandingkan dengan hari biasa weekend pertama ini mendapatkan respon yang cukup baik, dengan adanya peningkatan pengunjung, tetapi masih terkendali dan penerapan prokes terus kami lakukan pemantauan," ujarnya.

Lebih lanjut, Rika juga telah memberikan jalur antrean dengan jarak per orangnya. Penyemprotan disinfektan juga rutin dilakukan.

Pengunjung sebelumnya juga diharuskan memesan tiket melalui online di situs resmi Ancol. Ancol kini hanya membuka wahana Dufan, kawasan Taman Impian Jaya Ancol, dan Ocean Dream Samudra yang buka mulai pukul 10.00 WIB-17.00 WIB. Kemudian, para pengunjung juga belum diperbolehkan berenang di kawasan pantai.

Sebagai informasi, penerapan ganjil-genap di tempat wisata berlaku di dua tempat, yaitu TMII dan Ancol. Ganjil-genap tersebut berlaku setiap Jumat, Sabtu, dan Minggu pada pukul 12.00-18.00 WIB.

Mengikuti aturan tersebut, kendaraan dengan pelat ganjil hanya bisa melintas saat tanggal ganjil. Begitu juga kendaraan pelat genap, hanya bisa melintas di tanggal genap.

Prokes Ketat di Tempat Wisata

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan lokasi wisata dibuka dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Penambahan lokasi wisata di level yang dibuka dengan prokes ketat dan implementasi pedulilindungi pada kota-kota level 3," kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam jumpa pers virtual, Senin (13/9).

Di saat yang sama, ganjil-genap akan diberlakukan di kawasan wisata saat akhir pekan. Tujuannya mengurangi jumlah wisatawan yang datang.

"Penerapan ganjil-genap akan diberlakukan pada daerah tempat wisata mulai Jumat pukul 12.00 sampai Minggu pukul 18.00," ucap Luhut.

(zap/zap)