Ada Anak di Bawah 12 Tahun Masuk TMII, Ini Langkah Pengelola

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Sabtu, 18 Sep 2021 17:55 WIB
Jakarta -

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tidak menampik ada anak usia di bawah 12 tahun yang datang berekreasi. Namun pengelola memberi syarat kedua orang tua yang memiliki anak di bawah 12 tahun itu harus sudah divaksinasi COVID-19.

"Ya kalau menurut aturan memang tidak diperbolehkan ya. Tapi kita tidak menutup kemungkinan ada anak di bawah 12 tahun yang datang," kata Kabag Humas TMII Adi Widodo di perpustakaan TMII, Sabtu (18/9/2021).

"Dengan catatan bahwa kedua orang tuanya itu sudah divaksinasi. Keduanya ya, tidak boleh salah satunya," sambung Adi.

Adi mengaku memang masih ada pengunjung usia di bawah 12 tahun yang datang ke TMII. Meski diizinkan, Adi mengimbau sebisa mungkin orang tua yang mempunyai anak di bawah 12 tahun menunda rekreasinya.

"Sejauh ini saya katakan ada pengunjung di bawah 12 tahun. Namun kami mengimbau kepada masyarakat yang masih memiliki anak di bawah 12 tahun untuk menunda dulu rencana rekreasi," katanya.

Warga Ngaku Butuh Refreshing

Salah satu pengunjung yang membawa anak usia di bawah 12 tahun adalah Lestari (24). Dia sengaja membawa keluarga ke TMII untuk berlibur.

"Kangenlah. Sudah lama nggak ke sini. Ya kita kan juga butuh refreshing ya, apalagi selama PPKM itu saya kebanyakan di rumah. Jadi, pas tahu TMII sudah buka, ya sudah, kenapa nggak coba ke sana saja," kata Lestari di area tempat makan TMII.

Ibu satu anak itu mengaku tahu aturan yang melarang anak di bawah 12 tahun datang ke tempat wisata. Namun dia tetap membawa anak karena tidak ada yang menjaganya di rumah.

"Kalau aturan itu tahu ya. Yang soal anak di bawah 12 tahun nggak boleh masuk, kan? Tapi ya gimana, kasihan si dedek. Soalnya, di rumah nggak ada yang jaga, jadi ya makanya dibawa ke sini (TMII). Kita juga pakai masker dan nggak berkerumun," ujarnya.

Lestari dan suami mengaku sudah divaksinasi. Bukti vaksin mereka pun sudah diperiksa oleh petugas di pintu masuk.

"Insyaallah aman, ya. Karena kita sudah prokes juga, sudah divaksinasi juga. Insyaallah nggak khawatir ya. Bismillah," terangnya.

Simak selengkapnya di halaman berikut