5 Tahun Mengungsi di Bali, WN Suriah Terpaksa Pulang Akibat Kecelakaan

Sui Suadnyana - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 00:24 WIB
Kepulangan pengungsi WN Suriah di Bali
WN Surian (kiri jaket abu-abu) Foto: Dok. Kanwil Kemenkumham Bali

Setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Imigrasi dan The United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), akhirnya disetujuinya proses assisted voluntary return (AVR) melalui surat Direktur Jenderal Imigrasi nomor IMI.5-GR.03.07-41 tanggal 4 Agustus 2021.

"Diketahui bahwa menurut data UNHCR per Agustus 2021 saat ini terdapat sejumlah 13.343 populasi pencari suaka dan pengungsi di Indonesia yang 5.000-an di antaranya adalah pencari suaka dan pengungsi mandiri yang biaya hidupnya tidak ditanggung oleh organisasi internasional di bawah PBB di bidang migran IOM," kata Babay.

Babay menegaskan, Rudenim Denpasar melakukan pengawasan keimigrasian berupa pemulangan sukarela ini. Hal itu sebagai salah satu wujud implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 tahun 2016 tentang penanganan pengungsi dari luar negeri.

Perpres tersebut diharapkan menjadi sebuah solusi jangka panjang alternatif dari program resettlement UNHCR yang semakin menurun tiap tahunnya. Selain itu, upaya AVR ini diharapkan akan membantu mengurangi jumlah pengungsi dan pencari suaka di Indonesia.


(lir/lir)