Hari Pertama Bioskop Buka Kembali di Jakarta, Pengunjung Excited!

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 15:40 WIB
Hari Pertama Bioskop Dibuka (Karin-detikcom)
Hari Pertama Bioskop Dibuka (Karin/detikcom)
Jakarta -

Bioskop di Jakarta akhirnya kembali dibuka. Bagaimana tanggapan pengunjung yang hadir di hari pertama?

Salah satu pengunjung, Alvin (21), warga Jakarta Utara, mengaku sudah lama menantikan bioskop dibuka sejak masa PPKM Darurat. Dia memutuskan datang di hari pertama karena sudah tidak sabar dan hendak mengobati rasa kangen menonton di bioskop.

"Tanggapannya ya excited banget ya. Karena sebelumnya udah kelamaan nih tutupnya, kayak cuma nonton cuma dari Netflix dari YouTube. Jadi ini ada kesempatan buat nonton udah ada kesempatan lagi buat nonton film-film baru yang lebih update," ujar Alvin saat ditemui di CGV Central Park, Jakarta Barat, Kamis (16/9/2021).

Dia mengaku memang sengaja memantau medsos untuk melihat pengumuman kapan bioskop akan dibuka kembali. Terkait peraturan ketat yang ditetapkan oleh pihak bioskop, dia juga merasa aman menonton bioskop.

"Sejauh ini sih merasa aman juga ya karena di dalam bioskop nanti juga ada social distancing ya jadi jauh gitu dari orang-orang lain. Juga kan emang nggak boleh makan dan minum jadi emang lebih amanlah kita nggak buka masker ya," jelas Alvin.

"Harapannya ya paling walaupun seneng ya udah dibuka yang penting angka COVID nggak naik lagi dan semua pengunjung tetap jaga prokes biar COVID nggak naik lagi," sambungnya.

Masih ditemui di lokasi yang sama, Rosmawati (19), pengunjung yang juga karyawan CGV di Cirebon, mengaku sangat senang dengan dibukanya kembali bioskop. Dia juga merasa aman dengan protokol kesehatan yang diterapkan di sini.

"Aman, karena tadi di depan juga mereka nggak pilih kasih. Walaupun saya orang CGV juga mereka tetap sesuai prosedur nggak yang main masuk aja. Jadi ya ngerasa aman, semua sama kok di-scan QR code segala macem dulu di depan tadi," kata Rosmawati.

Dia juga berharap agar bioskop tidak ditutup kembali. Menurutnya, menonton di bioskop merupakan salah satu hiburan di masa pandemi seperti ini.

"Karena seruan nonton bioskop langsung sih dibanding live streaming karena apa ya sensasinya seru aja gitu," ucapnya.

Sementara itu, Cinema Manager CGV Central Park Maradona mengatakan, hingga pukul 14.00 WIB, sudah ratusan orang yang membeli tiket online untuk nonton film di CGV Central Park. Dia mengatakan dalam pembukaan hari pertama ini dengan jumlah penonton seperti itu merupakan hal yang bagus.

"Kalau hari pertama, angka yang kita dapat itu lumayan bagus banget antusiasnya karena kontennya (film) ada 'Black Window'. Kemarin juga begitu 5 Juli ditutup 'Fast and Furious' juga masih tayang dua minggu ya, jadi mereka nonton kembali. Dan juga ada Suicide Squad yang ditunggu tunggu," jelas Maradona.

Kemudian, terkait kapasitas bioskop sendiri juga dia memangkas menjadi 50 persen kapasitas. Biasanya, untuk satu teater sendiri bisa mencapai 390 pengunjung, kini hanya 195 pengunjung yang masuk ke satu teater.

Terkait jam operasional bioskop, pemutaran film pertama dimulai pada pukul 12.45 WIB. Kemudian, pemutaran film terakhir, karena PPKM Darurat, menjadi pukul 19.20 WIB.

"(Kami buka booth) hanya untuk tiket, tidak untuk makan di luar di area depan pun kita tidak boleh makan," kata Maradona.

"Kita juga mengingatkan untuk selalu jaga prokes juga belum bisa makan dan minum. Jadi hanya datang, nonton, dan pulang," sambungnya.