Uji Coba, Pemprov Pastikan Seluruh Bioskop di Jakarta Buka Hari Ini

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 16 Sep 2021 14:40 WIB
Akhirnya, bioskop di Jakarta kembali diperbolehkan untuk buka. Hal ini sesuai dengan keputusan Pemprov DKI Jakarta untuk kembali melonggarkan PSBB.
Ilustrasi penonton bioskop. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta hari ini melakukan uji coba pembukaan bioskop selama penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3. Uji coba dilakukan di seluruh bioskop di Jakarta.

"Iya, hari ini. Bisa dibilang seluruh bioskop di Jakarta sudah dibuka," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya saat dihubungi, Kamis (16/9/2021).

Gumilar memastikan seluruh bioskop di Ibu Kota telah terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi. Mekanisme pembukaan bioskop, sebutnya, sesuai dengan Surat Edaran Kemenparekraf.

"Seluruh bioskop yang ada di Jakarta baik itu XXI, CGV, Cinepolis, itu semuanya sudah terintegrasi dengan PeduliLindungi, akhirnya memang seluruh bioskop di Jakarta sudah boleh beroperasi," ujarnya.

Gumilar menjelaskan ketentuan pembukaan bioskop sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 42/2021. Dalam ketentuan tersebut, kapasitas maksimal bioskop 50 persen serta anak di bawah 12 tahun dilarang masuk.

"Sekarang di buka lagi tetap secara prokes mengikuti pembukaan yang awal tapi sekarang menyesuaikan dengan PeduliLindungi dan masalah makan minum dan lain-lain sesuai ketentuan Inmendagri," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta memperpanjang masa PPKM level 3. Di perpanjangan PPKM kali ini, bioskop boleh dibuka dengan kapasitas maksimal 50%.

Aturan ini sesuai dengan Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1096 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3. Kepgub tersebut ditandatangani Gubernur Anies Baswedan pada 13 September 2021.

"Kapasitas maksimal 50% dan hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam PeduliLindungi yang boleh," demikian bunyi Kepgub yang dilihat, Rabu (15/9/2021).

(isa/isa)