Round-Up

Kabar Terbaru Kasus Kebakaran Lapas Tangerang Usai Pidana Ditemukan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Sep 2021 07:26 WIB
Foto suasana Blok C2 pascakebakaran di Lapas Dewasa Klas 1 Tangerang, Tangerang, Banten, Rabu (8/9/2021). Sebanyak 41 warga binaan tewas akibat kebakaran yang membakar Blok C 2 Lapas Dewasa Tangerang Klas 1 A pada pukul 01.45 WIB Rabu dini hari. ANTARA FOTO/Handout/Bal/aww.
Potret sisa kebakaran Lapas Tangerang yang menewaskan puluhan warga binaan (Foto: ANTARA FOTO)
Jakarta -

Polda Metro Jaya mulai melakukan penyidikan kasus kebakaran Lapas Tangerang yang menewaskan 47 orang warga binaan. Terbaru, polisi memeriksa saksi-saksi terkait peristiwa tragis tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyampaikan, pemeriksaan dilakukan di Polres Metro Tangerang Kota dan Polda Metro Jaya, pada Senin (13/9) kemarin. Total ada 25 saksi yang diperiksa polisi terkait kebakaran maut tersebut.

"Hari ini total 25 saksi diperiksa oleh penyidik. Terdiri dari 12 orang pegawai Lapas yang piket pada saat kejadian dan sisanya ada dari napi, pemadam kebakaran, dan petugas PLN," kata Kabid Humas Polda Kombes Yusri Yunus di RS Polri Kramat Jati, Senin (13/9/2021).


Kalapas Tangerang Diperiksa

Penyidikan kasus kebakaran tersebut menyeret Kalapas Kelas I Tangerang, Victor Teguh Prihartono. Polisi menjadwalkan pemeriksaan terhadap Victor Teguh Prihartono.

"Hari ini (kemarin-red) jadwal untuk Kalapas Kelas I Tangerang belum ada. Kami rencanakan kami sudah kirim surat ke Kalapas itu rencana besok," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/9/2021).

Polisi telah melayangkan surat panggilan pemeriksaan kepada Victor Teguh Prihartono. Victor dijadwalkan diperiksa hari ini, Selasa (14/9) pukul 10.00 WIB.

Yusri mengatakan, pemeriksaan para saksi tersebut dilakukan setelah penyidik meningkatkan status perkara ke tahap penyidikan. Polisi membidik tersangka di kasus tersebut terkait dugaan kelalaian dan kesengajaan dalam peristiwa tersebut.

"Hasil gelar kami naikkan dari penyelidikan ke penyidikan yang tadinya ada dugaan pidana di 187 KUHP, 188 KUHP 359 KUHP, sudah ditemukan memang ada pidana di situ," ujar Yusri.

Baca di halaman selanjutnya, petugas jaga malam turut diperiksa

Simak video 'Dua Jenazah Kebakaran Lapas Tangerang Teridentifikasi Lewat Patahan Gigi':

[Gambas:Video 20detik]