detikcom Do Your Magic

Perbaikan Jembatan Tempat Pelajar Bergantung di Mamasa Sulbar Tuntas

Abdy Febriady - detikNews
Minggu, 12 Sep 2021 21:15 WIB
Jembatan gantung di Mamasa rusak yang sempat viral digunakan pelajar kini tuntas diperbaiki.
Jembatan gantung di Mamasa yang sempat viral karena rusak kini sudah tuntas diperbaiki (Dok. Istimewa)
Mamasa -

Proses perbaikan jembatan gantung viral di Desa Pamoseang, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa, akhirnya tuntas. Warga diharap ikut menjaga dan merawat jembatan gantung tersebut agar bertahan lama.

"Tentunya kita sangat berharap, agar warga setempat dapat merawat jembatan tersebut, karena jembatan gantung itu merupakan bagian infrastruktur yang merupakan kewenangan pemerintah desa," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mamasa, Andarias kepada wartawan, Minggu (12/9/2021).

Menurut Andarias, proses perbaikan jembatan gantung yang sempat viral ini, dilakukan dalam waktu hampir sebulan. Perbaikan meliputi pemasangan talud fondasi, lantai, hingga kawat pengaman kedua sisi jembatan.

"Untuk BPBD dalam hal ini Pemda Mamasa, yang kami usulan pondasi, talud pondasi, gelagar melintang, gelagar memanjang, lantai semua dari papan, sama kawat rang pengaman sisi kiri dan kanan jembatan, " bebernya.

Andarias menyebut, proses perbaikan jembatan gantung sepanjang 45 meter dengan lebar 1,5 meter ini, juga mendapat bantuan dari yayasan.

"Saat kami mau melakukan pemasangan lantai, tiba-tiba yayasan dari Hadji Kalla datang juga untuk membantu proses perbaikan jembatan," pungkasnya.

Jembatan gantung yang merupakan akses utama menuju Dusun Rantelelamun, Desa Pamoseang tersebut, kini sudah berfungsi normal, dilalui warga dengan nyaman.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: