Round-Up

5 Fakta Penipuan Catut Nama Baim Wong Bermodus Giveaway

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 07:55 WIB
Jakarta -

Komplotan penipuan yang mencatut nama artis Baim Wong akhirnya ditangkap polisi. Dalam aksinya itu para pelaku mengirimkan SMS seolah-olah korban adalah pemenang giveaway dari Baim Wong.

Kasus ini bermula ketika Baim Wong mendapatkan informasi adanya seorang ART yang kena tipu. Pelaku diduga mengedit potongan video Baim Wong, sehingga seolah-olah video call dengan korban.

Baim Wong tidak tinggal diam. Dia kemudian melaporkan hal itu ke Polda Metro Jaya.

"Pelapor Baim Wong dan AL ini catut nama publik figur yang ada kejadian," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (7/9/2021).

Polda Metro Jaya menyelidiki laporan Baim Wong. Total ada 10 pelaku asal Sulawesi yang ditangkap polisi terkait penipuan tersebut.

Dirangkum detikcom, berikut fakta-fakta terkait kasus tersebut.


1. Modus Operandi Sebar SMS

Polisi menyampaikan modus operandi komplotan ini dengan mengirimkan SMS blast ke nomor korban secara acak.

"Penipuan modus SMS dia gunakan modus SMS gateway. Modusnya mem-blast," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Jakarta, Selasa (7/9/2021).


2. Korban Diimingi 'Giveaway'

Yusri menyampaikan para pelaku mengirimkan SMS yang isinya seolah-olah mendapatkan hadiah Rp 100 juta dari Baim Wong. Yusri mengatakan modus tersebut sebetulnya adalah modus lama.

"'Anda dapat hadiah Rp 100 juta, silakan hubungi nomor ini'. Ini modus lama yang dilakukan, jadi tolong masyarakat jangan mudah percaya, check and recheck betul tidak? Dan itu tidak benar semuanya," katanya.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya