Wagub DKI Apresiasi Polda Metro Terkait Pemberlakuan Crowd Free Night

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 23:31 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melakukan sidak di perkantoran dan pusat perbelanjaan Ibu Kota. Sidak dilakukan untuk pastikan aturan PPKM diterapkan.
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengapresiasi Polda Metro Jaya dalam upaya mencegah kerumunan, terutama pada malam hari di masa PPKM level 3 DKI Jakarta. Dia menyebut penerapan crowd free night di titik tertentu dapat mengurangi mobilitas warga di Jakarta.

"Ya kami terima kasih Polda Metro selalu mendukung dan memberlakukan crowd free night ya. Saya kira bagus untuk kawasan Jalan Sudirman Thamrin, kawasan Kemang, SCBD, dan Asia-Afrika ya," ujar Riza kepada wartawan di Kantor Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/9/2021).

Riza juga tidak mengelak jika pelonggaran-pelonggaran yang diberlakukan di Jakarta saat ini berdampak pada peningkatan mobilitas warga. Terutama di beberapa lokasi, seperti restoran dan kafe.

"Jadi di malam-malam tertentu kita adakan penutupan jalan-jalan tersebut, yaitu di malam Jumat, malam Sabtu, dan malam Minggu," kata Riza.

Diketahui, crowd free night diterapkan sebagai strategi dalam pembatasan mobilitas kendaraan, di samping penerapan ganjil-genap yang diberlakukan di 3 lokasi, yaitu Jl Sudirman, Jl MH Thamrin, dan Jl HR Rasuna Said.

"Oleh sebab itu, maka pembatasan mobilitas baik dengan metode ganjil-genap, maupun kita tambah dengan crowd free night itu tetap akan kita laksanakan paling tidak sampai dengan seminggu ke depan," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (6/9/2021).

Sambodo mengungkapkan alasan pihaknya menerapkan crowd free night, terutama pada saat weekend.

"Karena ditengarai PPKM level 3 ini banyak sekali pelanggaran protokol kesehatan, terutama di tempat-tempat keramaian," imbuh Sambodo.

Crowd free night ini diterapkan di empat kawasan di Jakarta. Crowd free night berlaku pada pukul 22.00-00.00 WIB dan 00.00-04.00 WIB di empat lokasi, setiap Jumat malam dan Sabtu malam serta malam libur tanggal merah.

Empat lokasi tersebut adalah:

- Jalan Sudirman-Thamrin
- Jalan Asia Afrika
- Kawasan Kemang
- Kawasan SCB

"Kenapa empat kawasan ini, karena empat kawasan inilah yang beberapa minggu kemarin sampai dengan malam ini, malam Minggu kemarin yang berpotensi banyak terdapat pelanggaran-pelanggaran protokol kesehatan," kata Sambodo.

(maa/maa)