Alasan Polisi Terapkan Crowd Free Night di Sudirman hingga Kemang

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 06:02 WIB
Petugas gabungan melakukan penyekatan di perempatan Jalan Pamekasan dan Imam Bonjol yang mengarah ke Thamrin-Sudirman, Jakarta Pusat.
Ilustrasi polisi melakukan pengaturan lalu lintas (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menerapkan crowd free night di empat titik di Jakarta. Polisi memberlakukan crowd free night untuk mencegah kerumunan.

"Karena ditengarai PPKM level 3 ini banyak sekali pelanggaran protokol kesehatan, terutama di tempat-tempat keramaian," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Senin (6/9/2021).

Crowd Free Night diterapkan di Sudirman-Thamrin-SCBD-Kemang. Crowd free night berlaku pada pukul 00.00-04.00 WIB pada malam weekend.

Sambodo mengatakan crowd free night diberlakukan untuk menunjang razia petugas terhadap lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi kerumunan.

Dia menambahkan, mulai pukul 00.00 WIB petugas akan melarang pengendara untuk melintas di ruas jalan yang diterapkan crowd free night.

"Jadi sebelum sampai jam 12 malam itu penyekatan terbatas. Artinya kita hanya melakukan penyekatan terhadap komunitas-komunitas motor, orang-orang berkerumun. Yang melintas kawasan tersebut kemudian juga kita perbolehkan untuk penghuni dan sebagainya," terang Sambodo.

"Tapi setelah jam 12 malam kita akan coba akan kita laksanakan penutupan secara total, kecuali penghuni dan darurat dan juga tempat-tempat keramaian akan kita operasi satu per satu," tambahnya.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya menerapkan crowd free night (CFN)di kawasan Sudirman-Thamrin-Kemang-SCBD.Crowd free night diberlakukan setiap malam weekend.

"(CFN di) Sudirman, Thamrin, Kemang, SCBD. Sebenarnya dari minggu kemarin, tapi nanti rencana akan kita terapkan lagi tiap malam weekend malam Jumat, malam Sabtu dan malam Minggu," kata Sambodo.

Simak video 'PPKM Diperpanjang: 20 Tempat Wisata Buka, Makan Boleh Sejam':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)