KPK Sebut Harta Pejabat Naik Selama Pandemi, Begini LHKPN Anak Buah Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Sep 2021 16:57 WIB
Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju (BPMI Setpres)
Jakarta -

KPK mengungkap data harta pejabat negara. Salah satu yang digarisbawahi adalah ada 70% pejabat yang hartanya naik selama pandemi. Bagaimana perubahan harta para pejabat Kabinet Indonesia Maju?

detikcom mengumpulkan data kekayaan pejabat dengan mengakses Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Selasa (7/9/2021). Meski KPK menyatakan 95% LHKPN ini tak akurat, tapi bisa jadi gambaran.

"Kita amati juga selama pandemi 1 tahun terakhir ini itu secara umum penyelenggara negara 70 persen hartanya bertambah. Kita pikir pertambahannya masih wajar, tapi ada 22,9 persen yang justru menurun. Kita pikir yang pengusaha yang bisnisnya surut atau bagaimana gitu," ucap Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan dalam diskusi webinar LHKPN yang disiarkan di YouTube KPK RI, Selasa (7/9/2021).

Dari data yang diumbar oleh KPK, pejabat di kementerian/lembaga paling sedikit memiliki harta minus Rp 1,7 triliun. Sementara yang paling banyak berharta Rp 8 triliun. Namun kedua kutub data itu tak ditemukan di laporan harta para menteri.

Screenshot YouTube KPK Foto: Screenshot YouTube KPK

Berikut data LHKPN Kabinet Indonesia Maju:

Data harta pejabat yang disarikan dari LHKPN KPK. Foto: Data dari LHKPN
Data harta pejabat yang disarikan dari LHKPN KPK. (Foto: Data dari LHKPN)



Simak Video "Harta Kekayaan Milik MPR hingga DPR, Tertinggi Capai Rp 8 T"

(haf/dhn)
Berita detikcom Lainnya
Berita Terpopuler

Video

Foto

detikNetwork