Komnas HAM Kecam KKB Serang Posramil Maybrat: Tindak Tegas Pelaku!

Nahda Rizki Utami - detikNews
Sabtu, 04 Sep 2021 19:42 WIB
Komnas HAM Amiruddin
Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM Amiruddin Al-Rahab (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta -

Empat orang prajurit TNI di Pos Koramil Persiapan Kisor, Distrik Aifat Selatan, gugur diserang puluhan orang. Komnas HAM mengecam aksi penyerangan tersebut.

"Kami tentu mengecam aksi-aksi kekerasan dan turut berduka," jelas Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM Amiruddin Al-Rahab, Sabtu (4/9/2021).

Penyerangan ke Posramil di Maybrat, Papua Barat, itu diduga dilakukan teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Kamis (2/9). Tidak hanya empat prajurit TNI yang gugur, terdapat dua orang lain yang mengalami luka bacok.

Sementara itu, lima orang lainnya bisa menyelamatkan diri saat penyerangan terjadi.

Amiruddin mengaku sudah memonitor peristiwa tersebut dan sudah berkomunikasi dengan para pejabat Pemerintah Provinsi Papua Barat.

"Saya sudah memonitor peristiwa itu sejak saya mendapat info tentang peristiwa itu serta berkomunikasi dengan pejabat Pemprov dan meminta Pemprov menenangkan situasi," jelas Amiruddin.

Dia mengatakan Indonesia merupakan negara hukum, sehingga para pelaku kejahatan harus ditindak secara tegas oleh aparat penegak hukum.

"Sebagai negara hukum, siapa pun yang melakukan aksi-aksi kekerasan, apalagi sampai jatuh korban, pelakunya harus ditindak secara hukum dan tegas. Aparat penegak hukum berwenang penuh untuk menindak para pelaku," tegas Amiruddin.

Untuk mencegah terjadinya kekerasan yang berulang, Komnas HAM mengimbau semua pihak menempuh cara-cara dialogis.

"Untuk mencegah terjadinya kekerasan yang berulang, kami Komnas HAM selalu mengimbau agar semua pihak bisa menempuh cara-cara yang dialogis," ungkap Amiruddin.

Komnas HAM meminta agar pelaku diproses secara hukum karena penyerangan tersebut merupakan tindak pidana dan tidak berperikemanusiaan.

"Perbuatan para pelaku adalah tindakan yang tak berperikemanusiaan dan merupakan tindak pidana. Oleh karena itu, para pelaku harus diproses secara hukum," jelas Amiruddin.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan video 'Cerita Pratu Iqbal Saat KKB Maybrat Menyerang Pos Koramil':

[Gambas:Video 20detik]