Bobby Nasution Wajibkan ASN Pemko Medan Pakai Baju Adat Tiap Jumat

Datuk Haris Molana - detikNews
Jumat, 03 Sep 2021 12:54 WIB
Bobby wajibkan ASN Pemko Medan Pakai Baju Adat setiap Jumat
Bobby wajibkan ASN Pemko Medan pakai baju adat tiap Jumat (Foto: Datuk/detikcom)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution mewajibkan seluruh jajaran di Pemerintah Kota (Pemko) Medan memakai pakaian adat setiap hari Jumat. Kewajiban tersebut pun tertuang dalam Keputusan Wali Kota Medan Nomor 025/02.K/VIII/2021.

Pantauan detikcom, di Balai Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (3/9/2021), Bobby memakai pakaian adat melayu. Sementara Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman, memakai pakaian adat jawa. Sejumlah pegawai pun tampak memakai pakaian adat berbagai etnis.

"Di hari Jumat kita minta seluruh jajaran di Pemko Medan agar bisa menggunakan pakaian adat berbagai etnis yang ada di Kota Medan, kalau misalnya memakai sesuai dengan etnisnya silahkan. Namun, khususnya eselon II, saya minta itu bukan hanya etnis yang dia miliki, namun seluruh etnis di Kota Medan, kalau bisa ganti-ganti," kata Bobby kepada wartawan, Jumat (3/9/2021).

Bobby wajibkan ASN Pemko Medan Pakai Baju Adat setiap JumatBobby wajibkan ASN Pemko Medan Pakai Baju Adat setiap Jumat Foto: Datuk/detikcom

Bobby mengatakan memakai pakaian adat berbagai etnis itu untuk menampakkan keberagaman di Kota Medan. Dia menilai keberagaman adalah jati dirinya Kota Medan.

"Ini bisa kita maknai juga dalam diri kita, kita ambil nilai-nilai baiknya dari setiap etnis yang ada. Sehingga semangat kita untuk memajukan, menjadikan etnis dan budaya yang ada di Kota Medan ini sebagai potensi kekuatan ini benar-benar bisa dijalankan," ucap Bobby.

Sejauh ini, Bobby belum memberikan sanksi kepada jajarannya yang tidak memakai pakaian adat. Dia masih hanya sebatas menegur.

"Kita tegur aja nanti, orang itu kita minta semuanya, harus bangga dulu sama kebudayaan kita. Kalau misalnya nggak digunakan, kita tanya nanti kenapa, kalau nggak kita sanksi. Tapi ini kan masih hari pertama, nggak langsung, kita tegur, kita beri tahu dulu," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: