Bobby Jelaskan Alasan Banding Putusan Lapangan Merdeka Jadi Cagar Budaya

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 18:40 WIB
Lapangan Merdeka Medan Sumut
Pintu masuk kawasan Merdeka Walk di Lapangan Merdeka Medan. (Khairul Ikhwan/detikcom)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengajukan permohonan banding atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Medan yang memerintahkan Lapangan Merdeka Medan dijadikan cagar budaya. Apa alasan Bobby meminta banding?

Bobby mengatakan penetapan kawasan Lapangan Merdeka Medan menjadi cagar budaya terkendala keberadaan kontrak Merdeka Walk yang tersisa beberapa tahun lagi. Dia mengatakan pemindahan lokasi Merdeka Walk ke kawasan Kesawan juga terkendala COVID-19.

"Itu nanti masalah Lapangan Merdeka, karena di situ masih ada memang waktunya lagi. Masih ada sisa waktu 4 tahun lagi, namun yang selalu saya katakan ini kita carikan solusinya dulu. Kalau pun mereka nanti kita sepakati akan dipindah karena sekarang terkendala salah satunya memang yang ingin kita lakukan itu adalah di Kesawan, ini terkendala karena memang COVID-19," kata Bobby kepada wartawan, Kamis (2/9/2021).

Bobby mengatakan pemindahan para pedagang di Merdeka Walk seharusnya bisa berjalan. Namun pihaknya menunda penataan kawasan Lapangan Merdeka dan Kesawan karena berfokus menuntaskan pandemi COVID-19.

"Ini harus ada beberapa yang sudah berjalan, belum bisa berjalan seperti revitalisasi bangunan yang ada di Kesawan. Ini harusnya sudah berjalan tapi belum juga karena masa pandemi COVID-19 yang beberapa teralihkan untuk penyelesaian COVID," ujar Bobby.

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini berjanji Pemko Medan bakal memberikan solusi terkait masalah Lapangan Merdeka. Dia mengatakan bakal ada tempat baru bagi pedagang di Merdeka Walk.

"Nanti, ada dulu solusinya, contoh saya bilang kemarin kalau boleh itu dipindahkan, kami Pemko Medan bakal menyiapkan tempat pemindahannya ke mana. Tentunya bukan yang asal-asalan, yang kompatibel jugalah tempatnya. Jangan kita pindahkan tempatnya sepi," sebut Bobby.

Sebelumnya, PN Medan mengabulkan sebagian gugatan pihak yang menuntut agar Lapangan Merdeka Medan dijadikan cagar budaya. Wali Kota Medan Bobby Nasution mengajukan permohonan banding.

Permohonan banding itu diketahui dari situs Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Medan. Perkara itu bernomor 756/Pdt.G/2020/Pn Mdn.

Tergugat, Wali Kota Medan, mengajukan upaya hukum banding. Banding itu diajukan pada 27 Juli 2021.

"Pemberitahuan permohonan banding," tulis SIPP PN Medan seperti dilihat detikcom pada Selasa (31/8).