Belum Izinkan Resepsi Pernikahan Digelar, Bobby Janjikan Bantuan untuk WO

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 16:40 WIB
Walkot Medan Bobby Nasution (Datuk-detikcom)
Walkot Medan Bobby Nasution (Datuk/detikcom)
Medan -

Asosiasi penyelenggara acara pernikahan atau wedding organizer (WO) di Sumatera Utara (Sumut) meminta ada kelonggaran di wilayah PPKM level 4 agar resepsi pernikahan bisa digelar. Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan resepsi belum bisa digelar.

"Kelonggaran, tentunya yang namanya kalau nggak salah asosiasi acara pernikahan, WO ya, kalau kelonggaran untuk WO, berarti kelonggaran untuk kegiatan pengumpulan massa. Ini yang tentunya hari ini kan sudah ada di Perwal. Kan itu dijabarkan juga dari Ingub dan Inmendagri bagaimana aturan-aturan untuk melaksanakan kegiatan acara pernikahan. Itu sudah ada aturannya semua," kata Bobby di Kantor Wali Kota Medan, Kamis (2/9/2021).

Bobby telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 443.2/7469 tentang PPKM Level 4 di Medan. Dalam poin ke-16 surat edaran itu, resepsi pernikahan di Medan dilarang. Surat edaran berlaku dari 24 Agustus hingga 6 September 2021.

Dia mengatakan WO juga harus beradaptasi dan memanfaatkan teknologi. Bobby mengaku telah memerintahkan jajarannya mendata WO yang terdampak PPKM level 4 dan menyiapkan bantuan bagi pelaku usaha.

"Saya tahu itu yang terdampak bukan hanya pemiliknya, tapi pekerja-pekerjanya juga. Saya minta juga data sama Aspem, bisa didata para para pelaku usaha yang tadi, untuk karyawan-karyawannya untuk bisa kita bantu juga," ucap Bobby.

Bobby menegaskan sejauh ini dirinya belum mengubah aturan soal peniadaan resepsi pernikahan di Medan selama PPKM level 4. "Di Perwal itu sudah ada bagaimana untuk kegiatan hajatan, rapat, semua sudah diatur di situ," ucap Bobby Nasution.