Medan PPKM Level Berapa? Simak Penjelasannya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 02 Sep 2021 19:15 WIB
Medan PPKM Level Berapa?
Medan PPKM Level Berapa? (Foto: Infografis detikcom/Denny)
Jakarta -

Medan PPKM level berapa kini dicari tahu oleh masyarakat. Hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah yang memperpanjang PPKM hingga 6 September 2021 mendatang.

Berbeda dengan di Jawa dan Bali, periodisasi PPKM di luar Jawa dan Bali berlaku tiap 2 pekan. Keputusan soal perpanjangan atau perubahan status diumumkan tiap 2 pekan.

PPKM di luar Jawa Bali terakhir kali diperpanjang pada 24 Agustus 2021 lalu. PPKM di luar Jawa Bali diperpanjang hingga 6 September 2021.

Pertanyaan Medan PPKM level berapa bisa terjawab di Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 36/2021. Berikut penjelasan selengkapnya.

Medan PPKM Level Berapa? Ini Jawabannya

Merujuk Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 36/2021, Medan masih menerapkan PPKM level 4. PPKM level 4 di Medan berlaku hingga 6 September mendatang.

Selain Medan, daerah lain di Sumatera Utara yang berstatus PPKM level 4 adalah Kota Pematangsiantar. Ada pula beberapa daerah lain di Sumatera yang masih berstatus PPKM level 4.

Medan Belum Izinkan Sekolah Tatap Muka

Setelah mengetahui Medan PPKM level berapa, mari melanjutkan informasi berikutnya soal kondisi di Medan saat PPKM level 4. Salah satunya soal sekolah tatap muka.

Karena masih berstatus PPKM level 4, Medan belum diizinkan untuk sekolah tatap muka. Aturan ini diikuti oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution.

"Kami ingin mengimbau kepada seluruh sekolah agar tetap kita mengikuti peraturan. Kota Medan hari ini masih di level 4 untuk memaknainya bagi sekolah-sekolah, khususnya swasta ayolah ikut aturan," kata Bobby di Balai Kota Medan, Senin (30/8/2021).

Resepsi Pernikahan Belum Boleh di Medan

Tak hanya sekolah tatap muka, resepsi pernikahan juga belum boleh digelar di Medan. Asosiasi wedding organizer sempat meminta ada kelonggaran, tapi Bobby tetap berpegang pada aturan.

Bobby sudah menerbitkan SE Nomor 443.2/7469 tentang PPKM Level 4 di Medan. Salah satu poinnya adalah larangan resepsi pernikahan di Medan. Surat edaran berlaku dari 24 Agustus hingga 6 September 2021.

Bobby menegaskan dia belum mengubah aturan soal larangan resepsi pernikahan di Medan selama PPKM level 4.

"Di Perwal itu sudah ada bagaimana untuk kegiatan hajatan, rapat, semua sudah diatur di situ," ucap Bobby Nasution.

Demikian penjelasan mengenai Medan PPKM level berapa. Isi lengkap Inmendagri 36/2021 dapat disimak di halaman berikutnya.