Kala Makam di Rorotan Ambles Dianggap Lumrah Pemprov DKI

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Sep 2021 20:36 WIB
TPU Rorotan Jakarta Utara.
TPU Rorotan Jakarta Utara (Faiz/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah petak makam di TPU Rorotan, Jakarta Utara, ambles. Pemprov DKI Jakarta menganggap amblesnya petak makam itu sebagai hal lumrah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya langsung bergerak untuk mengatasi makam ambles itu. Dinas Pemakaman dibantu Dinas Sumber Daya Air mencari solusi agar makam tak lagi ambles.

Riza menyebut ada proses pemadatan tanah di lahan makam TPU Rorotan. Tujuannya agar makam tak mudah tergerus oleh air.

Dia juga mengatakan lahan tersebut rawan ambles karena merupakan rawa yang diubah menjadi lahan kosong.

"Memang makam di Rorotan itu kan sebelumnya rawa, kemudian kita uruk, ternyata ada yang amblas," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (31/8/2021).

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan beberapa makam yang ambles sudah diperbaiki. Dia mengatakan makam yang amblas juga kondisinya tidak parah.

"Terdapat 10 petak makam yang ambles di sisi timur, tapi kondisinya tidak parah dan petugas juga langsung merapikan petak makam tersebut," kata Suzi, Rabu (1/9/2021).

Suzi menuturkan peristiwa ambles itu terjadi akibat peti jenazah COVID-19 yang mulai mengalami pelapukan. Dia menyebut hal itu lumrah terjadi.

"Kami akan terus berupaya mengurangi kemungkinan potensi amblesnya tanah. Hal ini lumrah terjadi, bukan hanya pada pemakaman khusus COVID-19, tetapi juga pada pemakaman biasa, terutama yang menggunakan peti jenazah," jelasnya.

Suzi mengakui lahan pemakaman di TPU Rorotan ini bekas kawasan rawa. Kendati demikian, dia memastikan potensi amblesnya kecil.

"Sudah dilakukan pengurukan dan pemadatan tanah menggunakan alat berat sehingga potensi amblesnya kecil," jelasnya.

Lihat juga video 'Puluhan Makam di TPU Khusus Covid-19 Parepare Ambles':

[Gambas:Video 20detik]