Pemprov DKI Mulai Gunakan Lahan Tambahan TPU Rorotan untuk Jenazah COVID

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 20 Agu 2021 18:16 WIB
Foto udara suasana pemakaman khusus COVID-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (15/7/2021). Berdasarkan data Worldometer, Indonesia resmi masuk empat besar kasus aktif COVID-19 terbanyak di seluruh dunia, pada Kamis (15/7/2021) kasus aktif di Indonesia mencapai 480.199 kasus, melampaui Rusia yang tercatat 457.250 kasus, Indonesia juga jauh melampaui India yang tercatat 432.011 kasus. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
TPU Rorotan (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mulai mengalihkan pemakaman jenazah pasien Corona atau COVID-19 ke TPU Rorotan, Jakarta Utara. Total lahan yang disiapkan seluas 10 hektare.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan pematangan lahan pemakaman COVID-19 di TPU Rorotan sudah memasuki tahap akhir. Dari 10 hektare yang disiapkan, 6 hektare di antaranya sudah mulai dimanfaatkan untuk pemakaman protokol tetap COVID-19.

"Ini menuju ke tahap 10 hektare, yang 6 hektare kan sudah selesai. ini 3 hektare menuju 10 hektare. Sudah penuh semua kan, Tegal Alur full, Pondok Rangon udah full," kata Hari saat ditemui di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (20/8/2021).

Hari menjelaskan penambahan lahan bergantung pada tren kenaikan kematian COVID-19. Dia menyebut pada masa lonjakan kasus COVID-19 Juni-Juli lalu, rata-rata pemakaman jenazah dengan protokol Corona di TPU Rorotan berjumlah 400 jenazah per hari.

"Kalau per hari dulu 300-400, sekarang tinggal 100-80. Kan sudah mulai (turun). Kalau sudah mulai kecil, ya sudah cukup 10 hektare saja," jelasnya.

Ke depannya, Pemprov DKI akan mengevaluasi penggunaan lahan pemakaman di TPU Rorotan. Penggunaan lahan berikutnya akan dilakukan dengan melihat perkembangan COVID-19 di Jakarta.

"Evaluasi dulu, yang 6 hektare sudah terpakai berapa nih. Oh udah mau penuh, tambah 3 hektare. yang ketiga ini gimana, kalau memang udah nggak ada lagi, ya mungkin sampai 10 hektare cukup," ujarnya.

Pemprov Perluas Lahan TPU Rorotan

Pemprov DKI Jakarta sebelumnya melakukan proses perluasan lahan makam di TPU Rorotan, Jakarta Utara (Jakut). Rencananya, lahan pemakaman pasien COVID-19 ini diperluas jadi 10 hektare.

Dilihat melalui akun Instagram Pemprov DKI, @dkijakarta, TPU Rorotan ini memiliki lahan seluas 24 hektare. Sejauh ini, total ada 3 hektare lahan yang sudah difungsikan sebagai pemakaman jenazah COVID-19. Pematangan lahan dilakukan setelah terjadi lonjakan jumlah kasus COVID-19 di Jakarta.

"Saat ini tengah disiapkan lahan seluas 10 hektare untuk digunakan sebagai lahan pemakaman korban COVID-19," tulis @dkijakarta yang dilihat, Jumat (16/7).

TPU Tegal Alur Penuh

Kapasitas tempat pemakaman umum (TPU) Tegal Alur, Jakarta Barat, kini sudah penuh. Pemakaman jenazah kini dialihkan ke TPU Rorotan, Jakut.

"Iya, sudah penuh. Penuh untuk non-COVID dan COVID," ujar Kepala Satuan Pelaksana Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur Wawin Wahyudi saat dimintai konfirmasi, Kamis (19/8).

Wawin juga mengatakan kini TPU Tegal Alur sudah tak lagi menerima jenazah untuk dimakamkan. Jenazah dialihkan ke TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara.

Simak video 'Kasus Corona 20 Agustus Bertambah 20.004 Kasus, Berikut Sebarannya':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)