Rekanan Jaksa Gadungan yang Tipu Proyek Rp 2 M Ditangkap di Bogor

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 28 Agu 2021 16:44 WIB
Rekanan Jaksa Gadungan yang Tipu Proyek Rp 2 M Ditangkap di Bogor
Rekanan jaksa gadungan yang menipu proyek Rp 2 miliar ditangkap di Bogor. (Foto: dok. Istimewa)

Sebelumnya, tim gabungan dari Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah mengamankan seorang terduga jaksa gadungan pelaku penipuan hingga miliaran rupiah bernama Rully Nuryawan (53). Tim kejaksaan menemukan uang Rp 300 juta di mobil terduga pelaku saat diamankan di sebuah hotel di Semarang. Rupanya di Semarang, Rully juga melakukan penipuan terhadap korban.

"Bahkan di Semarang dia nipu lagi, ngaku jaksa, bisa urus perkara, dapat lagi Rp 300 juta uangnya, juga kebetulan kita temukan di mobil," kata Johny Manurung saat dihubungi, Selasa (24/8/2021).

Johny mengatakan awalnya Rully mengaku-aku sebagai jaksa dengan meminta uang Rp 2 miliar kepada rekanannya dengan iming-iming diberi proyek Rp 40 miliar. Kemudian korban melaporkan kejadian tersebut ke tim Intelijen Kejaksaan Agung karena curiga pelaku melarikan diri setelah ditagih.

Akhirnya pelaku penipuan diamankan di Semarang pada Selasa (24/8) dini hari. Saat melakukan penangkapan, tim gabungan kejaksaan juga mengamankan sejumlah identitas palsu, seperti kartu pegawai kejaksaan dan kartu Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPPP) Sekretariat KBPPP Resor Jakarta Barat. Johny mengatakan pelaku yang di KTP-nya tertulis beralamat di Depok itu juga mengaku-aku sebagai polisi.


(yld/idh)