Round-Up

Klasik Alasan Pengemudi Kena Ganjil Genap hingga Diputar Balik

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Agu 2021 08:16 WIB
Lalin dari Mampang ke Rasuna Said macet karena ada pemeriksaan ganjil genap (Annisa/detikcom)
Petugas memeriksa kendaraan yang melintas kawasan ganjil-genap Rasuna Said, Kuningan, Jaksel. (Annisa/detikcom)
Jakarta -

Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, menjadi salah satu kawasan baru ganjil genap. Di hari pertama ganjil-genap diberlakukan di Rasuna Said, cukup banyak kendaraan yang diputar balik.

Seperti diketahui, Kamis (26/8/2021) kemarin adalah hari perdana ganjil-genap diberlakukan di Rasuna Said. Ada banyak kendaraan yang diputar balik di lokasi tersebut.

"Masih cukup banyak kendaraan kita putar balik. Kalau kita melihat itu masih banyak kendaraan berpelat ganjil yang mencoba melintas, padahal hari ini kan tanggal 26 (Agustus) adalah genap," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di lokasi, Kamis (26/8).

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengerahkan 300 personel untuk mengawasi ganjil genap di Jl HR Rasuna Said. Petugas berjaga mulai dari simpang Mampang Prapatan hingga simpang Imam Bonjol.

Sempat terjadi kemacetan dari arah Mampang ke Rasuna karena adanya pemeriksaan kendaraan ini. Hal ini juga terjadi karena sebagian pengemudi belum tahu adanya penerapan ganjil-genap di kawasan tersebut.


Pengemudi Tak Tahu Ada Gage

Sejumlah pengendara berpelat ganjil diputar balik petugas ketika hendak melintasi kawasan Rasuna Said. Namun beberapa di antaranya mengaku tidak tahu adanya ganjil-genap di lokasi tersebut.

"Saya nggak tahu kalau di sini (Jl Rasuna Said) juga mulai berlaku ganjil-genap. Orang kemarin-kemarin saya lewat bisa-bisa aja, tidak ada diberhentiin dan disuruh putar balik," ujar S dengan nada kesal.

S merasa kesal lantaran perjalanannya menuju kantornya jadi terhambat karena harus mencari jalur alternatif.

"Ya mau gimana lagi, kalau ditanya kesal ya kesal, kan saya posisinya mau berangkat kerja," ketusnya.

Seorang wanita pengendara lainnya juga mengaku tidak tahu adanya ganjil-genap. Wanita tersebut akhirnya memutar balik kendaraannya untuk diparkir di rumah temannya.

"Ini saya diarahkan lewat Gatsu. Di sana kebetulan ada rumah teman saya, paling mobil diparkir di tempat dia, saya ke kantor pakai online," katanya.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak video 'Ganjil Genap Hanya Berlaku di 3 Ruas Jalan Ini':

[Gambas:Video 20detik]