Hari Pertama Gage Rasuna Said, Banyak Kendaraan Ganjil Diputar Balik

Annisa Rizky Fadila - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 09:48 WIB
Hari pertama ganjil genap di Rasuna Said, banyak kendaraan pelat ganjil diputar balik (Annisa/detikcom)
Hari pertama ganjil-genap di Rasuna Said, banyak kendaraan pelat ganjil diputar balik. (Annisa/detikcom)
Jakarta -

Ganjil-genap diberlakukan di Rasuna Said, Kuningan, Jaksel, mulai hari ini. Di hari pertama ganjil-genap diberlakukan ada banyak kendaraan berpelat ganjil yang melintas Jl HR Rasuna Said.

"Masih cukup banyak kendaraan kita putar balik. Kalau kita melihat itu masih banyak kendaraan berpelat ganjil yang mencoba melintas padahal hari ini kan tanggal 26 (Agustus) adalah genap," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di lokasi, Kamis (26/8/2021).

Petugas kemudian memutar balik kendaraan berpelat ganjil. Kendaraan diarahkan ke jalur alternatif.

Ditlantas Polda Metro Jaya mengerahkan 300 personel untuk mengawasi ganjil-genap di lokasi. Personel merupakan gabungan Polda Metro Jaya, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP DKI Jakarta.

"Kalau untuk pengawasan ganjil-genap itu kurang lebih ada 300 personel ya. Terdiri atas Ditlantas, Sabhara, Brimob, dan kita dibantu TNI dan dibantu Dishub dan Satpol PP DKI," tuturnya.


Rasuna Said Zona Baru Gage

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya memberlakukan ganjil-genap di 3 ruas jalan utama, yakni Jalan Sudirman, Jalan Thamrin dan Jalan Rasuna Said. Jalan Rasuna Said merupakan kawasan baru dengan penerapan ganjil-genap.

Sebelumnya, ada 8 ruas jalan di Jakarta yang diberlakukan ganjil genap di masa PPKM level 4. Namun polisi kemudian mengevaluasi dan mempersempit kawasan ganjil-genap jadi 3 titik seiring turunnya PPKM Jakarta ke level 3.

Ganjil-genap berlaku pada 26-30 Agustus 2021, pukul 06.00-20.00 WIB. Kebijakan ini akan dievaluasi nanti, menyesuaikan kebijakan terbaru dari pemerintah terkait PPKM dalam upaya menekan penyebaran COVID-19.

Simak video 'Mulai Hari Ini! Ganjil Genap Hanya Berlaku di 3 Ruas Jalan Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)