detikcom Do Your Magic

Warga Minta Jembatan Gantung Srengseng Sawah Tak Ditutup tapi Diperbaiki

Athika Rahma - detikNews
Rabu, 25 Agu 2021 16:41 WIB
Jembatan gantung di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, 25 Agustus 2021. (Athika Rahma/detikcom)
Jembatan gantung di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, 25 Agustus 2021. (Athika Rahma/detikcom)
Jakarta -

Sempat muncul wacana dari Pemprov DKI Jakarta untuk menutup jembatan gantung Srengseng Sawah di Jakarta Selatan yang terhubung dengan Depok, Jawa Barat, ini. Warga pengguna jembatan gantung punya aspirasi agar jembatan lapuk ini diperbaiki, bukan ditutup.

Ketua Ketua RT 005 RW 007 Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok, Al Ghazali, menyebutkan masih banyak pengguna yang melintasi jembatan itu. Rata-rata, mereka menggunakan jembatan tersebut karena merasa terlalu jauh jika harus memutar jalan.

"Banyak tuh pedagang tukang pikul gitu, bawa gerobak juga, lewat situ. Karena kalau muter kan jauh. Jadi di sini mah masih banyak yang lewat," katanya kepada detikcom di rumahnya, Rabu (25/8/2021).

Jembatan yang terbuat dari bambu dan seng tersebut ditopang oleh pohon-pohon besar di sekitar lokasi. Meski terlihat kuat, pohon-pohon tersebut makin rapuh seiring dengan berjalannya waktu.

"Makanya kita minta diperbaiki, itu pohon kapuknya diganti jadi cor beton biar kuat," katanya.

Jembatan gantung di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, 25 Agustus 2021. (Athika Rahma/detikcom)Jembatan gantung di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, 25 Agustus 2021. (Athika Rahma/detikcom)

Dia bercerita, dulu, jembatan tersebut memang dibangun di lahan milik pribadi. Namun, karena suatu alasan, lahan tersebut akhirnya menjadi milik masyarakat umum.

"Jadi yang awalnya punya jembatan itu narik iuranlah yang lewat bayar Rp 1.000, Rp 2.000, lama-lama akhirnya jadi diserahkan yang tadinya punya pribadi jadi milik bersama sekarang," katanya.

Al Ghazali mengaku belum ada petugas dari pemerintah yang datang untuk mengajaknya diskusi soal nasib jembatan gantung itu ke depan. Dia berharap tindakan nyata segera diambil untuk memperbaiki jembatan ini.

"Ya kami harap diperbaiki buat masyarakat sini juga. Kasihan juga kalau harus lewat jembatan yang nggak layak. Sebenarnya buat yang sering lewat itu nggak ngeri kok, yang baru pertama aja mungkin agak takut karena goyang," katanya.

Jembatan gantung di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, 25 Agustus 2021. (Athika Rahma/detikcom)Al Ghazali (Athika Rahma/detikcom)

Selanjutnya, kata Ketua RT di wilayah bagian Jakarta Selatan dari jembatan ini: