detikcom Do Your Magic

Pemprov DKI Wacanakan Penutupan Jembatan Gantung Lapuk Srengseng Sawah

Athika Rahma - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 15:04 WIB
Jembatan gantung bak film Indiana Jones di Srengseng Sawah Jaksel-Depok, 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Foto: Jembatan gantung bak film 'Indiana Jones' di Srengseng Sawah Jaksel-Depok, 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Dinas Bina Warga DKI Jakarta mewacanakan penutupan jembatan gantung di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Wacana ini ada karena telah ada jembatan lain yang baru diperbaiki, tak jauh dari lokasi jembatan gantung lapuk tersebut.

"Yang jembatan gantung sudah kita buat di sebelahnya, jadi yang itu (yang sudah tidak layak) sebaiknya tidak dipergunakan lagi. (Ada usulan) agar jembatan dimaksud yg tidak layak sebaiknya ditutup saja," ujar Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho kepada detikcom, Selasa (10/8/2021).

Menurut Hari, jembatan tersebut awalnya dibangun oleh pemilik lahan untuk menyeberangkan ternak hewan. Disebutkan, awalnya jembatan tersebut hanya digunakan oleh pemiliknya saja.

"Dekat lokasi sekitar 150 meter, sudah ada jembatan baru yang diprakarsai oleh Dinas Bina Marga. Selesai dibangun tahun 2018. Masyarakat sudah banyak yang menggunakan jembatan yang baru tersebut," kata Hari.

Jembatan yang dimaksud Hari Nugroho ialah Jembatan Wiratman Karkasa yang berada di sisi utara permukiman. Sebagaimana diberitakan detikcom, jembatan tersebut semula juga berupa jembatan gantung reyot dan kemudian selesai diperbaiki pada 2018 silam.

Jembatan gantung di Srengseng Sawah Jagakarsa yang sudah diperbaiki.Jembatan gantung di Srengseng Sawah Jagakarsa yang sudah diperbaiki. Foto: Annisa Rizky Fadhila/detikcom

Kondisi Jembatan Lapuk di Srengseng Sawah


Terdapat jembatan gantung yang kondisinya memprihatinkan di Srengseng Sawah, Jagakarsa. Jembatan ini masih jadi andalan bagi warga RT 11 RW 2 untuk menyeberang ke kampung seberang, yakni Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Kota Depok.

Untuk sampai ke lokasi jembatan, pengunjung harus melewati rumah warga dan memasuki gang. Patokan lokasi jembatan ini adalah Masjid Jami Al-Bakrie Srengseng Sawah.

Jembatan terasa bergoyang karena konstruksi yang tidak stabil. Permukaan jembatan hanya beralaskan seng seadanya, ada beberapa yang suda bolong. Jembatan ini merentang diperkuat oleh tali baja. Ada jaring-jaring yang dipasang di sisi jembatan supaya orang yang terpeleset tidak langsung terjun ke kali.

Lebar permukaan jembatan gantung sekitar 1 meter. Panjang jembatan sekitar 20 meter. Di samping kanan dan kiri, pengunjung dapat melihat aliran Sungai Ciliwung yang keruh.

(aik/aik)