detikcom Do Your Magic

Pemkot Jaksel Segera Bahas Solusi Jembatan Gantung Srengseng Sawah

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 14:14 WIB
Jembatan gantung bak film Indiana Jones di Srengseng Sawah Jaksel-Depok, 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jembatan gantung bak film 'Indiana Jones' di Srengseng Sawah Jaksel-Depok, 16 Juni 2021. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah menindaklanjuti permintaan masyarakat di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, untuk memperbaiki jembatan gantung yang menghubungkan Srengseng Sawah dengan Kota Depok. Disebut, akan ada pembahasan serius terkait kajian perencanaan

"Untuk usulan pembangunan jembatan di Srengseng Sawah, akan dilakukan koordinasi dengan Dinas Bina Marga terkait kajian perencanaan," ucap Plt Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji, saat dihubungi Senin (9/8/2021).

Isnawa tidak menyebut kapan rapat pembahasan tersebut. Namun dia menyebut secepatnya jajaran Kota Administrasi Jakarta Selatan akan bertemu dengan Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

"Dalam waktu dekat akan dijadwalkan rapat koordinasi tingkat kota dengan mengundang Dinas Bina Marga," katanya.

Sebelumnya, terdapat jembatan gantung yang kondisinya memprihatinkan di Srengseng Sawah Jagakarsa. Warga sekitar berharap jembatan tersebut diperbaiki.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut ingin mengkaji soal pembangunan jembatan tersebut. Akan dilihat apakah jebatan itu cocok untuk diperbaiki atau tidak.

"Dari Pemprov akan melihat dan dikaji kembali, sejauh mana urgensi jembatan tersebut," kata Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Rabu (16/6/2021).

Riza menyoroti perlu adanya kajian yang lebih komprehensif terkait permintaan ini. Sebab, Pemprov DKI telah membangun jembatan lainnya yang berada di lokasi sama.

Adapun jembatan yang dimaksud Wagub Riza ialah Jembatan Wiratman Karkasa yang berada di sisi utara permukiman. Sebagaimana diberitakan detikcom, jembatan tersebut semula juga berupa jembatan gantung reyot dan kemudian selesai diperbaiki pada 2018. Jembatan itulah yang dimaksud Riza.

"Karena di sebelahnya sudah dibangun kan, kalau itu ada mau diperbaiki nanti kita akan pelajari," jelasnya.

(aik/dnu)