Round-Up

Teka-teki Lokasi YouTuber Muhammad Kece Diduga di Bali

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 20:39 WIB
YouTuber Muhammad Kece
Muhammad Kece (Foto: dok ist)
Jakarta -

Bareskrim Polri mulai memproses dugaan penistaan agama oleh Muhammad Kece. Ada dugaan Muhammad Kece berada di Bali.

Bareskrim mulai mengumpulkan bukti untuk mencari unsur tindak pidana dalam kasus tersebut.

"Dengan munculnya LP tersebut, tentunya penyidik Polri telah melakukan langkah-langkah, mengambil tindakan-tindakan kepolisian dengan mengumpulkan barang bukti yang relevan dengan peristiwa yang terjadi," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (23/8/2021).

Bahkan, Polri menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Penyidik akan mengumpulkan video-video ceramah yang diduga memiliki unsur pidana.

"Tentunya dengan kementerian lain khususnya Kominfo, Bareskrim Polri bekerja sama dalam bagian mengumpulkan barang bukti. Dari Kominfo kan pasti akan mengumpulkan video-video yang muncul di YouTube, pasti dimiliki semua oleh Kominfo," ujar Rusdi.

"Nanti Bareskrim akan berkoordinasi sebagai bagian bagaimana mengumpulkan barang bukti yang berhubungan dengan peristiwa yang terjadi," sambungnya.

Dari barang bukti yang dikumpulkan, lanjut Rusdi, Bareskrim baru bisa melakukan gelar perkara untuk menaikkan status ke penyidikan atau tidak. Dia menyebut penyidik akan menjadwalkan pemanggilan terhadap Muhammad Kece.

"Apabila dalam proses penyelidikan ternyata diyakini ada tindak pidana, tentunya proses selanjutnya proses penyidikan. Kita tunggu saja, pasti Polri akan bekerja secara profesional untuk menuntaskan kasus ini," terang Rusdi.

"Nanti penyidik yang akan menjadwalkan itu semua (pemanggilan). Pasti perkembangannya akan diberi tahu. Sabar saja, Polri pasti menangani itu semua," imbuhnya.

Tonton video 'Muhammad Kece Buka Donasi di Akun YouTube, Polisi Diminta Usut Aliran Dana':

[Gambas:Video 20detik]



Muhammad Kece diduga ada di Bali. Simak di halaman selanjutnya.