Hatta Rajasa Tergelitik Isu Perpanjangan Periode Jokowi Hingga 2027

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 15:25 WIB
Ratusan pimpinan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN dari wilayah‎ Indonesia Timur mendeklarasikan dukungan untuk calon ketua umum incumbent Hatta Rajasa di Hotel Aryaduta, Manado, Minggu (8/2/2015). Deklarasi tersebut dihadiri oleh sejumlah elite pusat PAN.
Hatta Rajasa (Lamhot Aritonang/detikcom)

"Saya tegaskan kepada Presiden Jokowi, sesuai dengan tata cara yang diatur di Pasal 37 UUD NRI 1945 sangat rigid dan kecil kemungkinan menjadi melebar," imbuhnya.

Bamsoet menyampaikan dukungan Jokowi terhadap amandemen terbatas UUD 1945. Namun hanya untuk menghadirkan PPHN dan tidak melebar ke persoalan lain. Adapun PPHN diperlukan sebagai bintang penunjuk arah pembangunan nasional.

"Presiden Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada MPR RI mengenai pembahasan amandemen UUD NRI 1945 untuk menghadirkan PPHN, karena merupakan domain dari MPR RI. Beliau berpesan agar pembahasan tidak melebar ke hal lain, seperti perubahan masa periodisasi presiden dan wakil presiden, karena Presiden Jokowi tidak setuju dengan itu," jelas Bamsoet.


(rfs/tor)