Round-Up

5 Poin dari Cerita Penyelamatan WNI di Afghanistan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Agu 2021 06:29 WIB
Pemerintah RI dengan pesawat TNI AU evakuasi 26 WNI dari Kabul, Afghanistan
Proses evakuasi WNI dari Afgahanistan (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Pemerintah berhasil mengevakuasi 26 WNI, dan 7 warga negara non-WNI yang ada di Afghanistan setelah Taliban berkuasa. Proses evakuasi dengan pesawat TNI Angkatan Udara (AU) ini memakan waktu 5 hari.

Misi kemanusiaan ini diemban oleh 12 awak pesawat Skadron Udara 17. Mereka ditugaskan terbang ke Kabul, Afganistan, untuk menjemput para WNI ke Tanah Air.

Kadispenau Marsma Indan Gilang Buldansyah mengatakan pesawat TNI AU lepas landas dari Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pukul 06.00 WIB, Minggu (15/8) lalu, menuju Banda Aceh. Selanjutnya pesawat yang membawa 20 personel gabungan TNI (Satgas Evakuasi) terbang menuju Colombo dan Karachi, kemudian mendarat di Islamabad, Pakistan.

"Sejak diberangkatkan pada 15 Agustus 2021 lalu, penerbangan pesawat TNI AU dengan nomor registrasi A-7305 ini, sukses menjalani misi ini dengan gemilang, meskipun tugas yang diemban tidaklah ringan. Berbagai tantangan dan kendala mampu diatasi dengan baik," kata Indan dalam keterangan tertulis, Minggu (22/8/2021).

Berikut cerita misi evakuasi WNI dari Afghanistan:

1. Jarak Jakarta-Afghanistan Jauh

Indan mengatakan jarak antara Jakarta dan Afghanistan sangat jauh.

"Jarak antara Jakarta dan penjemputan cukup jauh, kurang lebih jaraknya 4.100 nautical miles dan waktu tempuh penerbangan dengan boeing kurang lebih 12 jam airtime, belum waktu untuk melaksanakan review di beberapa tempat," kata Indan.

2. Situasi Afghanistan Tak Menentu

Situasi di Afghanistan yang tidak menentu dinilai menjadi tantangan tersendiri. Namun demikian, proses evakuasi tetap dapat dilaksanakan dengan baik menggunakan pesawat tipe Boeing 737-400 milik TNI AU.

"Situasi di tempat penjemputan yang tidak menentu itu adalah tantangan. Namun demikian, sudah direncanakan dengan detail, dan diputuskan lah pesawat yang digunakan adalah Boeing 737-400 yang memiliki kemampuan dan kecepatan yang memadai, sehingga proses evakuasi dapat dilaksanakan," ucapnya.

Simak juga video 'Perjuangan Evakuasi WNI dari Afghanistan, Pesawat Tertahan di Kabul 2 Jam':

[Gambas:Video 20detik]



3 poin berikutnya ada di halaman selanjutnya: