Ganjil Genap Jalan Sudirman, Mobil Pelat 'RFS' Ganjil Diputar Balik

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 18 Agu 2021 09:29 WIB
Pengawasan ganjil genap di Jl Sudirman (Foto: Adhyasta/detikcom)
Foto: Pengawasan ganjil genap di Jl Sudirman (Foto: Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Kebijakan ganjil genap di sejumlah titik di Jakarta, termasuk Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, terus diterapkan. Namun, meski kebijakan itu telah diterapkan sejak pekan lalu, masih ada saja mobil dengan pelat yang tak sesuai hendak melintas di kawasan ganjil genap.

Pantauan detikcom, Rabu (18/8/2021), pukul 08.20-09.00 WIB, Pasalnya, tanggal hari ini merupakan angka genap.

Mobil-mobil itu datang dari Jalan Pattimura dan Jalan Sisingamangaraja arah Blok M, Jakarta Selatan (Jaksel). Mereka yang berpelat nomor ganjil pun kemudian dialihkan ke Jalan Hang Lekir.

Bahkan, masih ada mobil pelat 'RFS' berpelat nomor ganjil yang kena putar balik. Pengendara mobil itu terlihat membuka kaca dan berbicara sebentar dengan petugas. Mobil pelat 'RFS' itu juga tampak diarahkan ke Jalan Hang Lekir.

Selain itu, ada juga mobil pelat ganjil yang menerobos masuk Jalan Sudirman. Hanya, polisi dengan sigap memberhentikan kendaraan itu dan memutar balik mobil tersebut.

Adapun petugas gabungan dari kepolisian, Satpol PP, dan Dishub bersiaga di lokasi. Tampak pula seorang anggota Brimob bersenjata berjaga di titik pembatasan ganjil genap.

Saat ini, arus lalu lintas di lokasi ramai lancar. Tidak tampak penumpukan kendaraan akibat kebijakan ganjil genap di Jl Sudirman.


Sebelumnya, pemerintah telah memperpanjang kebijakan PPKM level 4 di Jakarta hingga 23 Agustus. Atas dasar itu, kebijakan ganjil-genap di Ibu Kota pun ikut diteruskan.

"Iya, gage diperpanjang," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dimintai konfirmasi, Selasa (17/8).

Total hingga saat ini masih ada delapan titik pemeriksaan ganjil genap di ruas jalan Jakarta. Masyarakat diminta mulai semakin sadar dan mengikuti aturan tersebut.

(mae/mae)