Sepekan Penerapan Ganjil-Genap, Volume Lalin di Jakarta Naik 73 Persen

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 17 Agu 2021 16:28 WIB
Kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap diterapkan lagi di Jakarta pada hari ini, Kamis (12/8). Pemberlakuan ganjil genap mulai pukul 06.00 WIB-20.00 WIB.
Ilustrasi ganjil-genap (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta berbicara mengenai penerapan ganjil-genap selama sepekan terakhir di masa PPKM level 4. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan kepadatan justru terlihat pada ruas jalan selain ganjil-genap.

"Pada ruas jalan yang diberlakukan ganjil-genap, lalu lintasnya itu smooth, jadi tidak terjadi kepadatan. Memang di beberapa titik masih terlihat ada peningkatan volume lalu lintas, seperti di Abdullah Syafii, juga di beberapa jalan di Jakarta Selatan juga terlihat ada peningkatan volume lalu lintas," kata Syafrin saat dihubungi, Selasa (17/8/2021).

Syafrin juga mengakui terjadi peningkatan volume lalu lintas di masa perpanjangan PPKM Level 4 sejak Agustus lalu. Kenaikannya mencapai 73 persen dibandingkan PPKM level 4 pertama pada 3 Juli lalu.

"Di Jakarta itu volume lalu lintas pada PPKM kemarin, dari data yang saya punya sampai dengan 15 Agustus, itu terjadi peningkatan volume lalu lintas di Jakarta 73 persen dibandingkan dengan PPKM level 4 pertama," jelasnya.

"Sebelumnya memang terjadi peningkatan secara bertahap volume lalu lintas, jadi sebelumnya pada PPKM level 4 yang kedua terjadi 24 persen, sekarang 70 sekian persen karena di PPKM level 4 saat ini ada pelonggaran," sambungnya.

Syafrin juga melaporkan, jumlah penumpang angkutan perkotaan turut melonjak menjadi 479 ribu per hari. Kondisi yang sama juga terlihat pada penumpang AKAP, yang rata-rata jumlah penumpang per hari 1.600 orang.

"Jadi di level 4 (pertama) itu jumlah penumpang perkotaan per hari 375.000. Nah, kemarin meningkat 479 ribu per hari," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah memperpanjang kebijakan PPKM level 4 di Jakarta hingga 23 Agustus. Atas dasar itu, kebijakan ganjil-genap di Ibu Kota pun ikut diteruskan.

"Iya, gage diperpanjang," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dimintai konfirmasi, Selasa (17/8/2021).

Menurut Sambodo, di perpanjangan ganjil-genap kali ini, belum ada penambahan titik pemeriksaan gage. Total hingga saat ini masih ada delapan titik pemeriksaan ganjil-genap di ruas jalan Jakarta.

Selain itu, dia mengaku pihaknya telah memasang rambu-rambu penanda adanya ganjil-genap di delapan titik ruas pemeriksaan tersebut. Masyarakat diminta mulai semakin sadar dan mengikuti aturan tersebut.

(idn/idn)