Baju 'Louis Vuitton' DPRD Tangerang, Siapa Pemenang Lelang Jahit Rp 600 Juta?

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 17:52 WIB
Logo Louis Vuitton LV
Ilustrasi Logo Louis Vuitton (Ari Saputra/detikcom)
Tangerang -

CV Adhi Prima Sentosa buka suara terkait lelang baju dinas anggota DPRD Kota Tangerang berbahan mewah merek Louis Vuitton hingga Thomas Crown yang diikutinya. Pihak CV Adhi Prima Sentosa menyebut pengadaan bahan baju bermerek tersebut hanya memakan biaya Rp 675 juta dan tanpa biaya ongkos jahit.

Hal tersebut sebetulnya sudah sesuai dengan laporan yang ada di situs https://lpse.tangerangkota.go.id, yang menyebut biaya pembelian bahan baju untuk anggota dewan senilai Rp 675 juta. Meski demikian, tercantum juga dalam situs tersebut biaya ongkos jahit senilai Rp 600 juta.

Pemenang lelang CV Adhi Prima Sentosa, Yanto Irianto, pun mengaku tidak tahu-menahu terkait biaya ongkos jahit tersebut. Dia menyebut nilai Rp 675 juta hanya terkait pengadaan bahan baju anggota dewan.

"Iya Rp 675 juta, itu pengadaan bahannya aja baju dinas, ongkos jahitnya beda, kami sebagai konveksi hafal barang dan tahu barang barang, iya itu barang aja, kami ajukan ke Sekwan melalui LPSE dan ULP dan kami dimenangkan itu," kata Yanto saat dihubungi, Kamis (12/8/2021).

Yanto menegaskan biaya Rp 675 juta tidak termasuk ongkos jahit. Karena itu, dia mengaku bingung dengan biaya Rp 600 juta yang dianggarkan dalam LPSE untuk ongkos jahit baju dewan.

"Tidak ada (ongkos jahit Rp 600 juta), Mas, itu bahannya aja, kalau penjahit seleranya masing-masing, kalau jahit ke saya tidak mungkin karena tidak cocok, selera penjahit masing-masing, itu bahannya aja," ucapnya.

Selain itu, Yanto mengatakan biasanya dalam pengadaan baju dinas tidak ada tender untuk ongkos jahit. Dia beralasan selera setiap orang dalam hal menjahit berbeda-beda.

"Iya iya gitu, tapi kalau penjahit selera sendiri-sendiri nggak bisa ditenderin," ujarnya.

Dengan demikian, pemenang lelang biaya ongkos jahit senilai Rp 600 juta masih belum diketahui. Dalam situs LPSE juga tidak tercantum pemenang lelang ongkos jahit tersebut.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Sunat Dana Bansos, 2 Pendamping PKH di Tangerang Jadi Tersangka!':

[Gambas:Video 20detik]