Duduk Perkara Richard Lee Ditangkap di Kasus Akses Ilegal Akun IG

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 12 Agu 2021 15:49 WIB


Richard Lee Posting Endorse

Dokter Richard Lee terciduk memposting endorse di akun Instagram @dr.richard_lee, padahal akunnya itu sudah dalam penyitaan polisi. Richard Lee disebut secara sadar mengakses secara ilegal terhadap barang bukti yang sudah disita polisi.

"Yang bersangkutan ada memposting endorse di akun Instagram-nya, di story maupun feed-nya, padahal akunnya itu sudah kami sita," ujar Kasubdit Siber Polda Metro Jaya Kompol Rovan Richard Mahenu kepada detikcom, Kamis (12/8/2021).

Untuk diketahui, akun Instagram Richard Lee ini disita polisi dalam kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Kartika Putri. Untuk kasus pencemaran nama baik itu sendiri, Richard Lee berstatus sebagai terlapor dan masih diupayakan agar keduanya melakukan mediasi.

Akses ilegal terhadap akun Instagram Richard Lee ini diketahui penyidik pada 8 Juli 2021. Richard Lee mulai mengakses akun tersebut pada Jumat (6/8).

Ada beberapa postingan Richard Lee di akun Instagram itu. Selain endorse, Richard Lee diketahui punya postingan video ketika ia sedang menjelaskan tentang 'mafia kosmetik'.

"Yang bersangkutan kita persangkakan di Pasal 30 jo Pasal 46 UU ITE dan juga atau Pasal 231 KUHP dan/atau Pasal 221 KUHP ancamannya di pasal 30 adalah semua unsur masuk maksimal 8 tahun penjara. Sehingga yang bersangkutan kita lakukan penahanan. Sekali lagi saya katakan dibedakan antara laporan polisi pelapor Saudari K tentang pencemaran nama baik dengan yang dilakukan upaya paksa berdasarkan lap polisi tanggal 9 Agustus 2021 tentang adanya illegal access dan juga pencurian BB yang ada di akun berdasarkan hasil penyelidikan yang kita temukan."


Beda Status di Kasus dengan Kartika Putri


Polisi menegaskan penangkapan dr Richard Lee terkait akses ilegal akun Instagram @dr.richard_lee tidak berkaitan dengan kasus yang dilaporkan artis Kartika Putri. Adapun status Richard Lee di kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Kartika Putri masih terlapor.

"Masih terlapor. Tersangka di LP yang kedua (kasus illegal access dan pencurian barang bukti)," kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (12/8/2021).

Dalam kasus ini, polisi telah berusaha melakukan mediasi kepada keduanya. Namun 3 kali upaya mediasi Kartika Purti dan Richard Lee gagal.


(mea/fjp)