Round-Up

Kala Anies Klaim Hentikan Reklamasi Jadi Jurus Cegah Tenggelamnya Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 11 Agu 2021 08:14 WIB
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyoroti kemungkinan Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan. Gubernur DKI Anies Baswedan mengungkap sejumlah jurus mencegah Jakarta tenggelam.

Jurus tersebut diungkap Anies saat mengisi Webinar Jakarta Tenggelam bersama Ikatan Alumni ITB pada Selasa (10/8/2021). Poin utamanya ialah dengan cara menghentikan proyek reklamasi.

"Ini adalah fakta yang membuat kita makin merasa yakin bahwa menghentikan, tidak meneruskan kegiatan reklamasi adalah langkah yang tepat mengurangi dampak land subsidence (penurunan muka tanah)," kata Anies.

Anies awalnya menyampaikan ada dua faktor yang membuat Jakarta diproyeksikan tenggelam. Yaitu menurunnya permukaan tanah dan naiknya permukaan air. Merujuk penelitian NASA, Anies mengungkap laju penurunan tanah sangat signifikan di pulau reklamasi dibandingkan dengan daratan Jakarta.

"Jika di Jakarta Utara sekitar puluhan mm per tahun, di pulau artifisial berlangsung lebih dari 80 mm per tahun," ungkapnya.

Anies Baswedan saat meninjau Grand Theater Senen yang terbakarAnies Baswedan (Wilda Nufus/detikcom).

Masih dalam penelitian serupa, Anies menjelaskan setiap tahun terjadi perlambatan penurunan muka tanah dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan kebijakan pengurangan ekstraksi air tanah di Jakarta.

"Jadi data 2007, yang memproyeksikan bahwa Jakarta Utara penurunan muka tanahnya sangat cepat sampai 22 mm per tahun, ternyata berhasil dikurangi menjadi 2 mm per tahun lewat stasiun pengurukan land subsidence," katanya.

Selain menghentikan proyek reklamasi, berikut 2 jurus lainnya dari Anies untuk mencegah Jakarta tenggelam, simak di halaman berikutnya