detik's Advocate

Suami Nikah Ilegal dengan Wanita Lain yang Beda Agama, Saya Harus Gimana?

Andi Saputra - detikNews
Senin, 09 Agu 2021 08:26 WIB
Ilustrasi patah hati
Ilustrasi perselingkuhan (Foto: Thinkstock)

6. Apa langkah yang harus saya lakukan? Karena sudah terlalu lama, saya, anak-anak, orang tua dan mertua saya menderita akibat perbuatan terlarang mereka. Saya bingung, karena terbentur dengan larangan perceraian dalam agama kami?

Apabila ibu terbentur dengan larangan perceraian dalam agama ibu, maka langkah hukum yang dapat ibu tempuh melalui jalur pidana, dengan membuat laporan polisi dengan dasar pasal 279 KUHPidana apabila telah terjadi perkawinan dan apabila tidak terjadi perkawinan dengan dasar 284 KUHPidana.

7. Bagaimana jika saya ingin menceraikan suami saya? Langkah apa yg harus saya lakukan? Dokumen apa saja yang diperlukan dan apakah ada biayanya?

Ibu memiliki hak untuk mengajukan gugatan cerai, adapun langkah yang harus dilakukan oleh ibu yaitu dengan mengajukan gugatan cerai pada pengadilan negeri tempat suami ibu tinggal. Adapun dokumen yang dibutuhkan antara lain yaitu KTP, buku nikah, kartu keluarga, akta kelahiran anak, dan bukti-bukti pendukung telah terjadinya pernikahan tanpa izin dari ibu.

Di dalam proses cerai pasti akan dikenakan biaya perkara, yang di mana besaran biaya akan ditentukan pengadilan negeri yang bersangkutan. Namun dengan proses yang begitu rumit dan memakan waktu, ada baiknya jika ibu meminta dan/atau memakai jasa seorang pengacara dalam pengurusannya.

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait dengan pertanyaan-pertanyaan. Jika ingin mendapatkan konsultasi lebih jelas dan/atau jasa pengacara maka dapat menghubungi ke detik's Advocate.

Terima Kasih

Putra Tegar Sianipar, SH, LLM.
Menara Rajawali lt 7-1,
Mega Kuningan
Jakarta Selatan


Tentang detik's Advocate:

detik's Advocate adalah rubrik baru di detikcom berupa tanya-jawab dan konsultasi hukum dari pembaca detikcom. Semua pertanyaan akan dijawab dan dikupas tuntas oleh para pakar di bidangnya dan akan ditayangkan di detikcom, baik dalam bentuk artikel ataupun visual.

Pembaca boleh bertanya semua hal tentang hukum, baik masalah pidana, perdata, keluarga, hubungan dengan kekasih, UU Informasi dan Teknologi Elektronik (ITE), hukum merekam hubungan badan (UU Pornografi), hukum waris, perlindungan konsumen dan lain-lain.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.

Pertanyaan dan masalah hukum/pertanyaan seputar hukum di atas, bisa dikirim ke kami ya di email:
redaksi@detik.com dan di-cc ke-email: andi.saputra@detik.com

Semua jawaban di rubrik ini bersifat informatif belaka dan bukan bagian dari legal opinion yang bisa dijadikan alat bukti di pengadilan serta tidak bisa digugat.

Salam
Tim Pengasuh detik's Advocate


(asp/haf)