Round-Up

Klaim Terpaksa Rapper 'Neo' Derry Jadi Pengedar Ganja karena Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 08 Agu 2021 08:02 WIB
Rapper Neo Derry ditangkap polisi terkait kasus narkoba (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Foto: Rapper 'Neo' Derry ditangkap polisi terkait kasus narkoba (Adhyasta Dirgantara/detikcom)

Alasan Jadi Pengedar

Wadi mengungkap Derry menjadi pengedar ganja karena mengalami kesulitan ekonomi sejak pandemi COVID-19. Selain itu, Wadi menjelaskan Derry memang seorang pemakai.

"Pengakuan dengan keuntungan yang pertama adalah masalah ekonomi, kedua untuk makai. Sementara itu dulu yang bisa kita sampaikan," kata Wadi.

Total Barang Bukti 59,8 Gr Ganja

Bermula ketika polisi menangkap bandar inisial RS di Jakarta Pusat beberapa hari lalu. Dari tersangka RS, polisi menyita 16,2 gram ganja.

Berdasarkan pengakuannya, terungkap RS pernah menjual ganja kepada Derry (ID). Derry pun akhirnya ditangkap polisi di Bogor, Jawa Barat.

"Dan dia (RS) juga melakukan jual-beli ke beberapa orang, salah satunya adalah Saudara ID. Kemudian dari Saudara ID, kita juga peroleh keterangan dia juga melakukan jual-beli ke seseorang atas nama AB," terang Azis.

AB kemudian ditangkap di Tangsel. Dari AB, polisi menyita 42,8 gram ganja, sehingga total keseluruhan barang bukti yang disita 59,8 gram ganja.

Derry Tak Bisa Direhab

Polisi menyebut rapper 'Neo' Indra Derryanto alias Derry adalah pengedar narkoba jenis ganja. Derry tidak mungkin mendapatkan rehabilitasi.

Kasat Narkoba Polres Jakarta Selatan AKBP Wadi Saabani mengatakan, dari hasil penyelidikan yang diperoleh, Derry adalah pengedar dan pemakai narkoba.

"Sejauh ini hasil keterangan yang kita peroleh bahwa rangkaian ini masuk dalam jaringan peredaran narkoba, bukan hanya pengguna, tapi masuk ke dalam jaringan pengedaran narkoba," kata Wadi Saabani kepada wartawan di Jakarta Selatan, Sabtu (7/8).

Wadi menjelaskan rekomendasi bagi pengedar dan pengguna narkoba berbeda. Untuk pengedar kata Wadi, rekomendasinya adalah ditahan.

"Artinya, kalau dia masuk jaringan edar, itu biasanya rekomendasi, yaitu adalah ditahan, beda dengan pemakai," jelasnya.


(fas/maa)