Anak Bambang Pamungkas Dicoret dari KK, Bagaimana Urus Warisan?

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 07 Agu 2021 16:50 WIB
Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Utara membuatkan kartu keluarga (KK) baru bagi warga yang tinggal di Shelter Kampung Akuarium.
Ilustrasi (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Anak pertama mantan pesepakbola nasional Bambang Pamungkas, Jane Abel, mengaku dicoret dari kartu keluarga (KK). Lalu, bagaimana jika sang anak ingin mengurus hak warisan?

Plt Kadisdukcapil DKI Jakarta Budi Awaludin memberikan penjelasan soal hak warisan ini. Menurut penjelasan Budi, secara administrasi kependudukan, meski dicoret oleh orang tua dari KK, nama seseorang atau anak akan tetap tercatat di pusat data.

"Kalau itu beda lagi. Kalau hak waris nanti memang harus didampingi kartu keluarga ya. Nah itu nanti urusan pemerintahan, misalkan dilihat anak mana, kan juga ketahuan, misalkan orang tua ini punya anak berapa, siapa saja, kan ada itu. Itu ada ter-record kok, kan gitu. Itu bisa ketahuan kok, nggak bisa dihilangkan juga," kata Budi kepada wartawan, Sabtu (7/8/2021).

Segala urusan administrasi kependudukan menyangkut warisan, menurut Budi, memang erat kaitannya dengan kartu keluarga. Namun, jika anak dicoret dari kartu keluarga, dapat dirunut hingga akta kelahiran untuk urus warisan.

"Kembali ke orang tuanya, namun memang kartu keluarga dijadikan syarat, karena memenuhi hak nih, anaknya dari situ kartu keluarganya ada. Akta kelahiran juga ada, terlihat juga. Akta itu kan anak dari bapak, ibu, kan begitu," ujar Budi.

"Ya kan dari akta kelahiran bisa, akta kelahiran dari bapak ini, kan begitu," tegasnya.

Jika ada nama seseorang atau anak yang dicoret oleh keluarganya dari kartu keluarga, dapat mengklaim urusan warisan menggunakan akta kelahiran. Dari kartu keluarga yang sudah dicoret pun dapat dibuktikan melalui data yang terekam di pusat data.

"Jadi, kalau dia mau klaim juga bisa, dengan bukti-buktinya, 'ini loh, Pak, akta kelahiran saya', kan begitu. Nah itu nanti bisa terlihat juga di historical kartu keluarga kelihatan, oh pernah pindah, pernah ada di kartu keluarga ini, kan begitu, sebelumnya, terus kenapa dikeluarkan, kan begitu, tercatat, historical-nya ada," imbuhnya.

Anak pertama Bambang Pamungkas, Jane Abel, sebelumnya muncul ke depan publik dengan membawa kabar mengejutkan. Ia dicoret dari kartu keluarga oleh Bambang Pamungkas.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan video 'Anak Pertama Bambang Pamungkas Curhat Didepak dari Kartu Keluarga':

[Gambas:Video 20detik]