Dukcapil DKI Jelaskan soal Anak Bambang Pamungkas Dicoret dari Kartu Keluarga

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 07 Agu 2021 15:31 WIB
Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Utara membuatkan kartu keluarga (KK) baru bagi warga yang tinggal di Shelter Kampung Akuarium.
Ilustrasi (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Anak pertama Bambang Pamungkas, Jane Abel, mengaku dicoret dari kartu keluarga (KK). Plt Kepala Disdukcapil DKI Jakarta Budi Awaludin menjelaskan tak ada dampak masalah secara administrasi dari pencoretan nama seseorang dalam KK.

Budi Awaludin mulanya menjelaskan ada kemungkinan dicoretnya anak Bambang Pamungkas dari KK karena adanya pemindahan alamat tempat tinggal. Jane Abel memang diketahui merupakan seorang mahasiswi yang menetap di Solo, Jawa Tengah.

"Cek dulu KTP-nya, kalau KTP-nya Solo, memang pindah ke Solo. Karena nggak mungkin kalau dikeluarkan tanpa ada, di sana nggak ada rumahnya, nggak ada tempat KK-nya. Jadi harus dicek dulu mana KTP-nya, mana KK-nya, nanti kelihatan itu, seperti itu," kata Budi kepada wartawan, Sabtu (7/8/2021).

"Kemungkinan, kalau dia sudah nggak ada di sana, karena KTP-nya Solo. Nah, kalau mau kembali ke Jakarta, harus urus pindah dari sana dan dimasukkan lagi ke KK yang di Jakarta," sambungnya.

Budi kemudian menjelaskan tak ada dampak secara administrasi dari seseorang atau anak yang didepak namanya dari KK. Menurut Budi, bisa saja dalam satu keluarga terdapat banyak KK.

"Nggak ada masalah, bahkan kalau kembali lagi bisa, atau nanti dia mau bikin sendiri, satu rumah pun dua KK nggak apa-apa juga, nggak masalah. Bahkan ada tiga KK-nya di daerah-daerah yang padat seperti itu," ujar Budi.

Secara administrasi kependudukan, nama seseorang atau anak dicoret dari KK harus berdasarkan alasan yang jelas. Proses pemindahan nama dalam satu KK pun harus didasari alasan yang jelas.

"Jadi begini, nggak mungkin orang di kartu keluarga itu misalkan 'tolong dong yang ini dicoret yang ini, saya mau keluarkan', nggak bisa juga seperti itu. Alasannya harus jelas, kenapa mengeluarkan, 'kan mau pindah, Pak', kan begitu. Oke, maka dipindahkanlah ke Solo, dibuatkan alamat di Solo, alamat Solo di mana, dibuatkanlah, nanti di sana, alamat Solo, KTP Solo," ucapnya.

"Yang penting dia punya NIK, dia punya NIK, ya sudah dia bisa kita urus kok. Nggak ada masalah," tegas Budi.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan video 'Anak Pertama Bambang Pamungkas Curhat Didepak dari Kartu Keluarga':

[Gambas:Video 20detik]