Polisi Ungkap Penyebab WNA Bisa Pakai NIK Warga Bekasi untuk Vaksin

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 20:19 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
Ilustrasi Vaksin Corona (iStock)
Jakarta -

Polisi telah menelusuri adanya warga negara asing (WNA) yang menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) warga Bekasi, Wasit Ridwan, untuk vaksin COVID-19 di KKP Tanjung Priok. WNA tersebut telah dimintai klarifikasi oleh polisi.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis Aryana menyebutkan WNA itu diketahui bernama Lee In Wong, seorang warga negara Korea Selatan. Wong menyatakan dia salah dalam melakukan input data NIK miliknya.

"Telah dilakukan wawancara terhadap Lee In Wong yang menyatakan yang bersangkutan telah salah meng-input data NIK pada saat mendaftar vaksin di KKP Tanjung Priok," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Putu Kholis dalam keterangannya, Rabu (4/8/2021).

Saat ditelusuri ternyata nomor NIK Lee In Wong dengan warga Bekasi bernama Wasit Ridwan hampir mirip. Hanya ada perbedaan di nomor terakhir dari NIK keduanya.

"Perbedaan di angka terakhir yang seharusnya angka 8 tetapi di-input angka 1,"ujar Kholis.

KKP Tanjung Priok Koreksi Data

Selain itu, Kholis mengaku telah berkoordinasi dengan pihak KKP Pelabuhan Tanjung Priok. Hasilnya, polisi tidak menemukan adanya pelanggaran hukum yang dilakukan petugas setempat.

Pihak KKP Tanjung Priok mengaku akan melakukan pembetulan kesalahan input data NIK tersebut yang dinilai merugikan Wasit Ridwan.

"Telah dilakukan koordinasi dengan pihak KKP Tanjung Priok dan KKP Tanjung Priok akan membantu proses pembetulan kesalahan input data NIK tersebut ke Pusat Data Informasi Kemenkes. Sehingga Wasit Ridwan dapat melakukan vaksin dan mendapatkan sertifikat," terang Kholis.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Ibu Hamil Mau Vaksinasi Covid-19? Pastikan Kandungan Berusia 13 Minggu':

[Gambas:Video 20detik]